Sukses

Beauty

Makan Rumput Laut Dan Kenali 6 Manfaat Pentingnya

Ladies, salah satu tanaman yang bisa diambil manfaatnya untuk kesehatan adalah rumput laut. Sesuai namanya, rumput ini memang tumbuh di air laut dan dipanen untuk kemudian dijual di pasar. Kebanyakan, rumput laut diolah untuk dijadikan agar-agar atau dicampur dengan es buah yang disebut dengan es rumput laut.

Bukan hanya teksturnya saja yang kenyal dan lezat, rumput laut dikenal sebagai bahan makanan kaya nutrisi. Bahkan menurut www.stylecraze.com, rumput laut juga memiliki manfaat kesehatan berikut,

1. Kesehatan pencernaan dan jantung
Karena kandungan yang paling besar pada rumput laut adalah serat, hal ini sangat bagus melancarkan pencernaan, detoks tubuh dari berbagai sampah yang mengendap di dalam usus dan menurunkan kolesterol. Hal inilah yang kemudian bisa menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan tubuh dari penyakit kardiovaskuler.

Folat dalam rumput laut juga dapat mencegah penumpukan homosistein untuk menghindari penyakit jantung. Rumput laut juga mengandung banyak protein yang akan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga sangat baik pula untuk dikonsumsi saat sedang diet.

2. Membantu mengatur hormon
Vitamin K yang tinggi dalam rumput laut membantu kelenjar adrenal berfungsi dengan baik sehingga bisa menyeimbangkan hormon. Beberapa jenis rumput laut wakame, nori, kombu dan bladderwrack lebih banyak mengandung vitamin K yang sangat baik dikonsumsi.

3. Meningkatkan kesuburan
Karena rumput laut mengandung banyak nutrisi penting, tanaman ini juga sangat baik mendukung kesuburan wanita dan pria. Unsur penting seperti yodium, seng, selenium dan magnesium yang tinggi dalam rumput laut dapat meningkatkan tingkat kesuburan.

4. Meningkatkan fungsi tyroid
Jika Anda mengalami masalah tyroid seperti hipotiroidisme, sulit menurunkan berat badan dan lain sebagainya, maka rumput laut bisa membantu masalah Anda. Ini karena rumput laut mengandung tinggi selenium dan yodium yang dapat membantu untuk menyeimbangkan dan mengatur fungsi tiroid.

5. Mengatasi penyakit kulit
Rumput laut juga merupakan sumber yang kaya vitamin B1, B2, B3, B6 dan B12, yang membantu dalam mengurangi peradangan dan melindungi permukaan kulit. Tidak heran bila banyak produk perawatan tubuh dan kulit yang menjadikan rumput laut sebagai bahan utama. Bahkan rumput laut bisa mengobati meringankan alergi kulit sensitif, eksim dan berbagai penyakit kulit seperti rocasea.

6. Membantu Menyembuhkan kanker
Tanaman laut ini juga mengandung senyawa bernama fucoidans, yang telah secara klinis terbukti sebagai pembunuh sel kanker tanpa membunuh sel tubuh yang normal dan sehat. Selain itu, polisakarida dan fucoidans dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini pada akhirnya mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, phytoesterogen dalam rumput laut juga membantu meminimalkan kemungkinan kanker payudara dengan menghalangi pembentukan estrogen berlebihan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading