Sukses

Beauty

Berjuta Manfaat Buah Kapulasan

Kapulasan, atau banyak dikenal dengan nama rambutan botak adalah salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah ini sangat mirip dengan rambutan, tetapi memiliki rasa yang berbeda.

Perbedaan yang paling mencolok antara kapulasan dengan rambutan adalah bijinya yang tidak mudah lepas. Dan karena berbagai hal, meski sekilas mirip dengan rambutan, namun pohon keduanya tidai dapat disilangkan.

Meski memiliki rasa yang cukup enak, tetapi buah kapulasan jarang dijual dengan bebas seperti rambutan. Padahal kapulasan memiliki rasa yang sangat segar, meski cenderung lebih asam daripada buah rambutan, tapi secara keseluruhan buahnya bisa dimakan.

Namun yang lebih terkenal dari buah ini bukan rasanya yang masam atau segar, melainkan bijinya yang mengandung banyak minyak nabati. Bahkan kandungan minyak nabati di dalam buah kapulasan lebih tinggi daripada yang ada di dalam buah rambutan.

Karena alasan inilah, biji buah kapulasan banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sabun dan lilin. Dan akhirnya membuat buah ini jarang dikonsumsi dan dijual bebas layaknya rambutan.

Selain memanfaatkan bijinya sebagai bahan produksi lilin dan sabun, masyarakat juga banyak memanfaatkan kayu pohon kapulasan yang terkenal keras dan kuat. Karena kekuatannya, banyak peralatan rumah tangga yang berbahan dasar kayu dibuat dari kayu kapulasan agar lebih awet dan tahan lama.

Oleh: Rana Arinda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading