Sukses

Health

5 Manfaat Super Sehat Makan Sayur Sawi Hijau

Jika kamu suka makan sayur, pasti sudah tidak asing lagi dengan sayur hijau bernama sawi. Sayur yang biasa digunakan sebagai campuran mi dan sup ini sangat mudah didapat di pasar atau tukang sayur yang lewat depan rumah. Harganya pun sangat terjangkau.

Jika kamu termasuk penggemar sayur sawi, maka kamu beruntung. Sawi memiliki banyak nutrisi sehat yang bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini didukung kutipan dari Stylecraze.com yang menyatakan bahwa paling tidak ada 5 manfaat sawi, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Sumber vitamin dan mineral

Sawi merupakan sayur kaya vitamin A, C, dan K yang penting menjaga fungsi tubuh. Vitamin C dan A adalah antioksidan alami yang kuat melindungi tubuh dari radikal bebas, memperkuat imunitas dan menjaga kesehatan penglihatan. Vitamin K sendiri berfungsi menjaga kepadatan tulang dan bahkan mampu mencegah kerusakan syaraf otak.

Sawi juga merupakan sumber zat besi, magnesium, kalsium, seng, kalium, selenium, mangan, folat, protein, dan serat makanan yang baik untuk pencernaan dan penurunan kolesterol. Asam folat sangat baik dalam sintesis DNA, mencegah terjadinya cacat janin dan menjaga perkembangan janin yang sehat.

2. Kaya antioksidan

Sawi merupakan sumber fitonutrien atau tanaman yang dihasilkan nutrisi serta antioksidan. Selain vitamin C dan A, juga memiliki asam hydroxycinnamic, isothamnetin, quercetin, dan kaempferol yang merupakan fitonutrien antioksidan kunci yang dibawa sawi.

Fitonutrien tinggi dalam sawi bergizi untuk mengurangi stres oksidatif pada sel-sel dalam tubuh sehingga dapat membantu mencegah kanker payudara, kanker usus besar, kanker kandung kemih, kanker prostat, kanker ovarium, dan kanker paru-paru. Antioksidan juga mampu membuat kulit bersih dan sehat bebas kerutan. Itulah mengapa tubuh butuh banyak antioksidan.

3. Membantu detoks tubuh

Sawi hijau yang kaya serat akan sekaligus menjadi agen detoks yang sangat baik di dalam usus. Selain itu, sawi juga mengandung serat, sulfur, dan antioksidan sehingga sangat baik dalam membersihkan pencernaan tubuh. Karena sawi kaya akan klorofil, ini juga sangat baik dalam menyerap karbon dioksida yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh.

4. Mencegah kanker

Sawi juga merupakan sayur anti-karsinogenik yang mengandung senyawa alami glucosinolate, yang kemudian dikonversi tubuh ke isothiocyanate yang memiliki sifat mencegah kanker. Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin dan mineral di dalam sawi hijau sangat tinggi sehingga sangat baik dalam menurunkan risiko terserang kanker.

5. Bersifat anti-inflamasi

Sawi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan kronis serta mengurangi risiko penyakit arthritis dan bengkak-bengkak pada bagian tubuh lainnya. Ini karena sawi memiliki kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3 yang mampu memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu juga mengandung isothiocyanate yang berfungsi mencegah peradangan dan mengurangi risiko stroke.

Jadi, jika Sahabat Fimela bingung mau masak apa untuk menu hari ini, maka jangan ragu untuk memilih sayur super sehat bernama sawi hijau ya!

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading