Sukses

Beauty

Memanfaatkan Kencur Untuk Pengobatan

Ladies kencur adalah salah satu tanaman obat dan rempah-rempah yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit yang Anda derita. Salah satu pemanfaatan kencur adalah dijadikan jamu beras kencur yang memiliki rasa manis dan menyehatkan dalam waktu bersamaan.

Seperti dikutip dari en.wikipedia.org, ekstrak kencur memiliki antioksidan, antiinflamasi dan analgesik yang berkhasiat baik dalam tubuh. Jadi selain mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan, kencur juga dapat membunuh racun yang masuk ke dalam tubuh dengan membunuh bakteri penyebab penyakit.

Dikutip dari www.iptek.net.id, kencur memiliki kandungan pati sebanyak 4,14 %, mineral 13,73 %, dan minyak atsiri sebanyak 0,02 %. Kandungan ini mampu mengobati penyakit seperti masuk angin, sakit kepala, diare, flu, batuk, menghilangkan darah kotor dan melancarkan haid.

Namun tidak hanya rimpangnya saja yang bisa dimanfaatkan, bagian tanaman lainnya juga bisa dimanfaatkan, Ladies. Jika ingin mengobati sakit kepala, bahan yang diperlukan adalah 2-3 lembar daun kencur kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu dibubuhkan untuk mengompres dahi.

Untuk mengobati batuk, cukup siapkan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya Ladies. Kemudian kencur dihaluskan dan ditambah 1 cangkir air hangat untuk diperas atau disaring untuk diambil airnya. Air hasil perasannya ditambah sejumpur garam, diaduk dan diminum begitu saja.

Cara yang sama juga berlaku jika Anda ingin memperlancar haid sekaligus mengeluarkan darah kotor. Terapkan pengobatan hingga sakit yang Anda derita mereda, dan berangsur-angsur pulih ya Ladies.

Oleh : Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading