Sukses

Beauty

5 Manfaat Sehat Cengkeh (Part 4)

Ladies, sebagai bumbu dan penyedap rasa, cengkeh memang biasa digunakan bunganya yang sudah dikeringkan. Namun tidak hanya kuncup bunganya saja yang bisa dimanfaatkan, daun dan batangnya pun juga bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Seperti halnya kuncup bunga yang sudah dikeringkan, minyak cengkeh yang disuling dan diekstrak dari tanaman cengkeh, khususnya daun, ranting dan kuncup bunga cengkeh yang masih basah juga memiliki khasiat besar dalam hal kesehatan.

Hal ini didukung dari pernyataan www.webmd.com yang mengatakan bahwa minyak cengkeh bisa digunakan untuk meredakan diare, hernia dan bau mulut. Selain itu juga bisa berguna untuk melegakan masalah perut seperti sulit buang gas, mual dan muntah.

Ini dikarenakan minyak cengkeh mempunyai kandungan eugenol yang bersifat anti jamur dan anti bakteri sehingga dapat digunakan dalam bidang farmasi atau pengobatan. Kandungan cengkeh akan mengendurkan otot pada sistem pencernaan sehingga dapat meringankan masalah perut dan pembuangan.

Karena cengkeh juga bersifat analgesik, rempah beraroma kuat ini juga dapat menghilangkan rasa nyeri berlebih pada bagian tubuh yang sakit, bengkak atau memar. Pengolesan minyak cengkeh dipercaya dalam mengobati memar pada tubuh bagian luar.

Minyak cengkeh juga biasa digunakan untuk membuat parfum dan pembersih mulut karena aromanya yang kuat sehingga menghilangkan bau yang tidak sedap. Karena aromanya pula lah yang menjadikan cengkeh sangat bermanfaat dalam menghilangkan bau prengus kambing saat dimasak, Ladies.

Oleh : Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading