Sukses

Beauty

Ini Dia 5 Efek Buruk Diet Dukan

Ladies, Anda yang sedang menjalankan diet mungkin mengenal diet Dukan, atau malah sedang menjalankannya? Diet Dukan merupakan diet yang cukup populer dan mendapat banyak perhatian. Bahkan beberapa artis Hollywood pun menerapkan cara diet ini untuk menurunkan berat badan.

Diet Dukan adalah diet tinggi protein yang tidak mengijinkan Anda makan apa pun dengan karbohidrat. Anda bisa makan apa saja yang memiliki kandungan tinggi protein sebagai makanan harian Anda. Diet ini pun memiliki beberapa tahapan agar Anda bisa membiasakan diri dengan perubahan pola makan diet.

Meski memang banyak yang menyukai diet Dukan, tidak jarang pula yang mencela dan tidak setuju dengan penerapan diet ini. Mungkin alasannya sama seperti dikutip dari www.stylecraze.com, bahwa ada beberapa efek buruk kesehatan yang mungkin Anda derita jika menerapkan diet Dukan ini, antara lain adalah

1. Sembelit
Jika Anda banyak makan makanan berprotein tinggi, maka Anda juga sekaligus banyak konsumsi serat. Namun terlalu banyak serat bisa buruk dan malah mengakibatkan sembelit. Ini disebabkan oleh sedikitnya asupan karbohidrat dalam tubuh sehingga Anda kesulitan melancarkan pencernaan.

Sembelit merupakan efek utama yang biasanya dialami orang-orang yang menerapkan diet Dukan. Jika Anda jadi susah buang air besar, maka sebaiknya atasi dengan banyak minum air putih atau hentikan diet Dukan.

2. Masalah ginjal
Jika Anda mengonsumsi banyak makanan berprotein tinggi, maka sistem pembuangan Anda juga harus bekerja keras dalam menstabilkan asupan gizi dalam tubuh, apalagi menu protein tinggi disajikan setiap hari. Ini akan membuat ginjal bekerja lebih keras menyaring darah dan mengurangi protein. Resiko besar adalah adanya gangguan ginjal hingga penyakit ginjal.

3. Kekurangan gizi
Karena yang Anda konsumsi hanya protein, maka tubuh jadi kekurangan sumber gizi lain, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, lemak dan lain sebagainya. Ini akan memberikan efek buruk dan membuat tubuh kekurangan gizi. Jika Anda kurang gizi, ini akan berpengaruh terhadap kinerja organ tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

4. Bau mulut
Ini adalah salah satu efek diet Dukan. Tubuh mengalami ketosis dan mengambil lemak tubuh untuk dibuang dan diubah sebagai energi. Benar ini akan menurunkan berat badan, namun Anda akan membuat Anda mengalami bau mulut yang tidak menyenangkan.

5. Asam urat
Salah satu penyakit yang akan semakin buruk jika Anda menerapkan diet Dukan adalah asam urat. Tingkat asam urat tubuh meningkatkan karena kadar karbohidrat rendah dan protein tinggi. Kristal asam urat dapat membuat nyeri akut pada sendi kaki.

Jadi, jika ingin diet, lebih baik cara yang aman dan menganjurkan Anda diet dengan makan berbagai macam makan secara seimbang agar tubuh tetap mendapat nutrisi yang semestinya.



(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading