Sukses

Beauty

5 Manfaat Berkeringat yang Penting untuk Diketahui

Ih, berkeringat kan bikin badan lengket dan bau. Belum lagi dengan rasa gatal yang ditimbulkan di kulit saat berkeringat. Ladies, kita mungkin pernah merasa malas untuk berolahraga karena tidak mau badan berkeringat. Tapi ternyata, berkeringat bisa memberi banyak manfaat untuk tubuh kita.

Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, setidaknya ada lima manfaat yang bisa kita peroleh dari tubuh yang berkeringat.

    Menyembuhkan Luka

    Beberapa tahun terakhir, sudah banyak penelitian tentang kelenjar keringat ekrin yang dilakukan. Di University of Michigan, peneliti Laure Rittie menemukan bahwa kelenjar ini memiliki peran yang penting dalam sel batang orang dewasa yang bisa membantu proses penutupan luka. Keringat juga bisa berperan sebagai anti biotik. Luka kecil dan tergores bisa sembuh karena adanya agen anti biotik yang ada di kelenjar keringat.

    Mengeluarkan Racun

    Saat berkeringat, kita mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan menggunakan keringat sebagai salurannya. Para ahli sepakat bahwa kita pada umumnya akan mengeluarkan garam berlebih, kolesterol, dan alkohol melalui keringat. Dengan kata lain, olahraga hingga berkeringat bisa membersihkan tubuh dari racun dan mengatasi arteri yang tersumbat.

    Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang olahraga teratur dan mencukupi kebutuhan air minum dengan baik bisa menjaganya terhindar dari penyakit batu ginjal. Berkeringat saat berolahraga bisa membuat Anda mau tidak mau minum cukup air dan bisa membuat ginjal Anda tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, olahraga secara teratur juga bisa menciptakan kelenjar keringat yang sangat baik.

    Menjaga Kesehatan Otak

    Olahraga bisa membuat suasana hati Anda lebih baik. Dan biasanya setelah Anda berolahraga cukup keras dan berkeringat, Anda akan merasa lebih bahagia dan tingkat stres pun berkurang. Tingkat endorfin ini sangat unik dan perlu berbagai macam usaha coba-coba untuk mencari tahu kegiatan olahraga apa yang paling pas untuk membuat otak segar. Fungsi endorfin ini sendiri selain bisa membuat otak terasa lebih segar juga bisa menjadi pereda sakit alami.

    Menghilangkan BPA dari Sistem Tubuh Kita

    Bisfenol-A (BPA) adalah racun yang mengganggu perkembangan tubuh, saraf, dan alat reproduksi. Saat ini banyak sekali produk plastik yang menggunakan BPA. Dan polutan yang dihasilkannya sangat buruk untuk kesehatan manusia. Tapi meskipun tidak bisa dideteksi dalam darah atau urin, keringat kita terbukti efektif untuk menghilangkan BPA dari sistem tubuh kita.

Ternyata tubuh kita memang sudah dilengkapi dengan keringat yang ternyata juga berperan sebagai agen penyembuh dan penyelamat. Jadi, masih sering merasa malas untuk olahraga dan berkeringat?



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading