Sukses

Parenting

Parkinson, Penyakit Syaraf Yang Perlu Diketahui

Setiap orang pasti ingin memiliki masa tua yang bahagia dan tetap sehat. Tidak ada yang ingin mengalami sakit parah dan tidak bisa melakukan apa-apa. Salah satu penyakit yang menyerang banyak orang tua adalah Parkinson.

Bahkan Parkinson tidak bisa disembuhkan, namun pengobatan yang tepat bisa memperlambat perkembangannya. Sebenarnya Parkinson bisa menyerang siapa saja, namun lebih umum menyerang orang dengan usia di atas 50 tahun.

Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, penyakit Parkinson adalah penyakit neurologis atau menyerang syaraf otak yang secara perlahan menghilangkan kemampuan penderita dalam melakukan beberapa hal menyangkut keseimbangan dan koordinasi seperti misalnya berjalan.

Pada orang yang terkena Parkinson, sel-sel syaraf otak bernama substantia nigra menjadi rusak atau mati. Sel-sel ini sangat penting karena mereka memproduksi senyawa kimia dopamine yang selain membuat suasana hati lebih baik, juga membantu mengontrol gerakan tubuh.

 

Ketika sel-sel penghasil dopamine ini mati, maka area otak yang mengontrol gerakan tubuh menjadi tidak berfungsi dan saat itulah Anda akan mengalami gejala awal Parkinson. Beberapa gejala yang umum timbul adalah

Tremor dan Bradykinesia

Ini adalah gejala yang paling umum terjadi. Tubuh Anda akan bergetar tanpa Anda sengaja dan sadari, hal ini bisa diikuti dengan gerakan yang lamban seperti orang tua. Hal ini terjadi pada bagian tangan, kaki, dan bahkan wajah.

Kaku atau kram

Jika Anda merasa kebas pada awalnya, dan tidak bisa menggerakkan tubuh dengan bebas, atau kesulitan menggerakkan tangan atau kaki, Anda mungkin mengalami Parkinson. Gerakan Anda jadi terbatas, dan ketika menggerakkan tubuh, itu akan memakan waktu agak lama karena Anda kesulitan.

Satu lagi gejala yang menandakan Parkinson adalah keseimbangan yang buruk. Anda akan kesulitan berjalan pada awalnya, kemudian kesulitan menulis dengan tangan. Bahkan saat Parkinson berkembang, Anda kemungkinan akan kesulitan menelan dan mengunyah.  Anda menjadi berjalan lambat, bahkan sering terjatuh.

Tidak ada kecenderungan pria atau wanita, Parkinson bisa menyerang siapa saja. Meskipun memang riwayat Parkinson dalam keluarga memberikan risiko tinggi pada keturunan berikutnya, namun penyakit ini tidak selalu muncul karena faktor genetik.

 

Jadi, untuk mencegah hal ini terjadi, mulailah gaya hidup sehat dan olahraga teratur untuk mendapatkan tubuh yang sehat ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading