Sukses

Parenting

Beda Jenis Diabetes Beda Pula Gejalanya

Ladies, penyakit gula, atau yang sering disebut dengan kencing manis, dan dikenal dengan istilah kedokteran sebagai diabetes, merupakan salah satu penyakit menurun yang bisa membahayakan tubuh apabila tidak ditangani dengan tepat.

Membatasi makanan mengandung gula merupakan salah satu langkah umum yang diambil, namun begitu pula Anda juga perlu tahu beberapa gejala diabetes sebelum benar-benar menyerang tubuh. Karena menurut www.everydayhealth.com, beda jenis atau tipe diabetes, maka berbeda pula gejala yang ditimbulkan.

Seperti misalnya jika Anda mengalami diabetes tipe 1. Gejala sering datang secara tiba-tiba daripada gejala jenis diabetes lainnya. Meskipun beberapa orang yang lebih tua dapat terkena diabetes tipe 1, namun biasanya gejala diabetes tipe 1 sudah terlihat selama masa kanak-kanak, masa remaja, atau dewasa muda.

Untuk mereka yang mengalami diabetes tipe 2, gejala biasanya datang secara bertahap dan perlahan. Bisa ditandai dengan tubuh yang menjadi kurang responsif terhadap insulin. Gejala ini semakin lama semakin memburuk. Namun ada juga orang dengan diabetes tipe 2 tidak mengalami gejala diabetes sama sekali.

Sedangkan untuk wanita dengan diabetes gestasional, gejala juga sering tidak nampak dan penderita tidak mengalami gejala berkali. Namun biasanya bisa ditandai saat hamil, karena seringkali diabetes gestasional meningkatkan risiko hipertensi saat hamil.

Ada pula diabetes tipe prediabetes asimtomatik, yang berarti Anda tidak akan merasakan gejala apapun meskipun sedang mengalami diabetes. Penderita biasanya mengetahui kalau dirinya mempunyai diabetes saat melihat hasil diagnosa tes darah.

Meskipun memang gejala diabetes seringkali tampak membingungkan dan samar-samar, namun Anda bisa mencegahnya dengan tidak sering makan makanan mengandung banyak gula. Biasakan pula minum air putih. Jika ragu apakah Anda memiliki diabetes atau tidak, juga bisa meminta tes darah untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading