Sukses

Beauty

Bakteri Baik yang di Manfaatkan untuk Membuat Bumbu Dapur: Kecap Manis

Ladies, bumbu dapur yang satu ini pastinya tidak pernah absen dalam daftar bumbu yang wajib dan harus ada dalam dapur Anda. Karena rasanya yang manis dan membuat masakn jadi tambah sedap, iya benar kecap. Bahan apa saja ya yang digunakan untuk membuat bumbu yang satu ini?

Menurut sebuah sumber yang disalir pada spotunikdananeh.blogspot.com, bahan utama pembuat kecap adalah kedelai, bisa kedelai hitam ataupun kedelai yang ada pada pasaran, tetapi bahan yang lebih disarankan adalah kedelai hitam.

Setelah melalui beragam proses bakteri baik berupa khamir Zygosaccharomyces dan bakteri susu Lactobacillus mengubah protein yang terdapat pada kedelai, atau lebih singkatnya bakteri tersebut membantu proses fermentasi kedelai menjadi kecap yang selama ini Anda kenal.

Sumber lain pada laman www.food-info.net, menjelaskan yang pertama memulai proses fermentasi adalah jamur kapang Aspergilus sp. dan rhizopus sp, yang memulai proses seperti pada pembuatan tempe yang sangat khas sebagai masakan Indonesia.

Nah Ladies, bakteri baik yang terkandung dalam proses pembuatan kecap tersebut akan terus ada sampai menjadi kecap manis yang selama ini Anda dan keluarga Anda konsumsi sehari-hari.

Tetapi dalam mengkonsumsi bahan yang dihasilkan dari proses fermentasi ini jangan berlebihan ya Ladies, akan berakibat buruk pada kesehatan Anda lo!

Oleh: Yuni Astutik

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading