Sukses

Parenting

Kenali Alergi Susu Sapi Pada Anak (Part 1)

Putra tercinta ternyata alergi susu? Tentu awalnya Moms bingung, kok bisa ya alergi susu, sebenarnya apa penyebabnya?

Dilansir dari gejalapenyakitmu.blogspot.com, pada dasarnya, alergi terhadap susu disebabkan oleh kesalahan fungsi imun tubuh.

Seharusnya imun menyambut susu sebagai zat yang menyehatkan. Namun dalam kasus alergi susu, imun tubuh mengidentifikasi protein di dalam susu sebagai zat yang berbahaya dan akhirnya memicu produksi antibodu immunoglobulin E (igE) untuk menetralisir protein (yang dianggap sebagai alergen).

Selanjutnya, kalau tubuh mengalami kontak dengan protein susu, maka antibodi ini akan mengenalnya dan mengirimkan sinyal kepada sistem imun untuk melepaskan histamine.

Sementara itu, dilansir dari tipsbayi.com, alergi susu sapi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh salah dalam menilai. Sehingga ia menyangka susu sapi merupakan sesuatu yang membahayakan dan ia akan bereaksi untuk melawannya agar tidak membahayakan tubuh.

Biasanya anak yang mengalami alergi pada susu sapi, ia akan mengalami alergi pada susu sejenis, seperti domba dan kambing. Dan sebagian lain juga mengalami alergi yang sama jika mengonsumsi susu kedelai.

Ada dua zat di dalam susu yang dapat menyebabkan reaksi alergi, keduanya adalah protein, yaitu Kasein, ini adalah protein yang biasanya ditemukan dalam bagian padat susu yang beku. Yang kedua adalah Whey, ini adalah protein yang ditemukan dalam bagian susu cair yang tersisa setelah susu beku.

Kita akan membahas alergi susu sapi secara lebih mendalam pada artikel berikutnya. Don’t miss it ya Moms.

Oleh: Rana Arinda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading