Sukses

Beauty

6 Langkah Mudah Atasi Jari-Jari Tangan yang Kram dan Kesemutan

Ketika jari-jari tangan kram dan kesemutan, aduh rasanya sangat tidak nyaman. Apalagi jika pekerjaan Anda sangat bergantung dengan kondisi jari-jari tangan Anda seperti menulis atau mengetik. Rasa kram dan kesemutan di jari-jari tangan itu disebabkan oleh banyak hal, seperti terlalu lama menulis, mengetik, atau memainkan instrumen.

Seperti yang dilansir oleh livestrong.com, terlalu lama menggunakan otot-otot jari bisa menyebabkan kelelahan otot dan kram atau kejang otot yang bisa mengganggu kinerja motor normal. Penyakit yang lebih serius bisa juga menjadi penyebab jari-jari tangan yang kram dan kesemutan seperti osteoarthritis atau bahkan karena kekurangan vitamin. Jika Anda mengalami kram atau kesemutan jari-jari tangan, atasi dengan enam langkah ini.

    Langkah Pertama

    Biarkan tangan Anda beristirahat selama 15 menit saat jari-jari tangan Anda mulai terasa kram atau kaku. Memaksa jari tangan Anda untuk terus bekerja saat kram atau kesemutan sudah terasa hanya akan memperburuk kondisi Anda.

    Langkah Kedua

    Lakukan peregangan di jari-jari tangan Anda. Tingkatkan fleksibilitas otot-otot di tangan Anda. Salah satu caranya adalah dengan menekankan telapak tangan Anda ke lantai, lalu gunakan jari telunjuk tangan satunya untuk mengangkat satu per satu jari di tangan yang satunya. Tahan selama lima detik untuk setiap jari.

    Langkah Ketiga

    Minum banyak air putih. Saat tubuh Anda kekurangan cairan, otot-otot tangan Anda akan mudah terasa kram dan kesemutan.

    Langkah Keempat

    Bunyikan ruas-ruas jari Anda. Meskipun kebiasaan ini sangat tidak direkomendasikan, tetapi ada fakta yang menunjukkan bahwa mobilitas sendi Anda bisa meningkat setelah Anda membunyikan ruas-ruas jari Anda.

    Langkah Kelima

    Gunakan atau oleskan obat pereda nyeri atau rasa sakit jika rasa kram dan kesemutan di jari-jari Anda tidak juga reda.

    Langkah Keenam

    Kalau rasa kram dan kesemutan tidak juga sembuh selama berhari-hari, jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Untuk mencegah terjadinya kram atau kesemutan di jari-jari tangan Anda, usahakan untuk melakukan peregangan otot-otot jari Anda sebelum mulai beraktivitas. Dan, beri waktu untuk jari-jari tangan Anda beristirahat selama beberapa menit sekali ketika bekerja.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading