Sukses

Parenting

Bagaimana Gejala Usus Buntu? Ini Dia 5 Daftarnya

Meskipun belum diketahui secara pasti mengapa ada apendix atau usus buntu di dalam sistem pencernaan, namun seringkali usus yang tidak punya saluran ini menjadi masalah kesehatan seperti tersumbat makanan sehingga harus diambil.

Kasus usus buntu ini disebut dengan apendisitis di mana kantung berbentuk seperti cacing pada usus besar ini mengalami peradangan dan harus segera diambil agar tidak menimbulkan masalah serius pada tubuh. Berdasarkan www.health.com, gejala usus buntu bisa seperti berikut

1. Nyeri pada perut
Gejala ini adalah gejala paling umum yang ditimbulkan saat usus buntu meradang. Rasa sakit akan terus memburuk dan melilit. Sakit tak tertahankan yang dirasakan bisa sangat berbeda saat Anda mengalami sakit perut karena diare atau maag.

Rasa sakit terjadi pada sisi kanan bawah perut. Sakit akan bertambah ketika Anda berlari, berjalan, atau bahkan hanya sentakan kecil seperti bersin dan batuk.

2. Perut bergas dan kembung
Makan makanan berlemak dan gorengan bisa menyebabkan perut kembung, namun jika keadaan kembung dan perut bergas ini tidak kunjung sembuh dan menyebabkan rasa sakit, maka Anda harus berhati-hati. Keadaan ini bisa berubah menjadi nyeri dan kesulitan buang gas.

3. Mengalami demam tinggi dan menggigil
Radang usus buntu dapat memicu penderita mengalami demam ringan, menggigil dan gemetar karena efek peradangan di usus. Jika Anda mengalami demam tinggi dan sakit perut hingga tak bisa berdiri tegak, maka Anda bisa curiga bahwa itu usus buntu.

4. Muntah, mual, atau kehilangan nafsu makan
Saat mengalami pembengkakan, Anda mungkin akan merasa enggan makan atau nafsu makan menurun dengan disertai gejala mual dan muntah. Hal ini bisa berlangsung selama 12 jam dan muncul diare yang bisa berlangsung selama beberapa hari.

5. Sembelit dan diare
Anda mungkin akan mengalami susah buang air besar disertai nyeri, namun bisa juga sebaliknya, dengan keadaan diare yang banyak lendir. Hal ini akan diikuti dengan beberapa gejala lain seperti demam atau menggigil.

Itu dia gejala yang bisa diamati ketika Anda sepertinya mengalami masalah dengan usus buntu. Gejala akan semakin memburuk dan Anda harus segera menghubungi dokter untuk proses pengangkatan usus buntu, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading