Sukses

Beauty

Gigi Tumbuh Lebih Banyak? Tanda Hiperdontia

Seperti layaknya organ tubuh lain, gigi juga mengalami pertumbuhan. Gigi memiliki peran penting dalam menutrisi tubuh, karena dengan gigi, Anda bisa memecah makanan menjadi lebih kecil.

Anda membutuhkan jumlah gigi yang lengkap, karena setiap bagian gigi memiliki fungsi tertentu. Namun bagaimana jika gigi ternyata mengalami pertumbuhan yang agak ‘berbeda’? Ada orang yang mungkin mengalami pertumbuhan gigi berlebih dan tidak wajar.

Berdasarkan kutipan dari www.medicinenet.com, kondisi pertumbuhan gigi berlebih disebut dengan hiperdontia atau hiperdonsia. Biasanya jumlah standar gigi susu adalah 20 buah dan jumlah gigi permanen ada 32 buah, dan orang yang memiliki pertumbuhan gigi susu lebih dari 20 buah dan gigi permanen lebih dari 32 buah disebut dengan hiperdontia.

Gigi tambahan tersebut bisa tumbuh di semua bagian deret gigi, namun yang paling umum adalah di bagian deret gigi atas dengan kemungkinan tumbuhnya gigi seri sebagai yang paling umum. Namun juga bisa tumbuh gigi taring dan geraham lengkap satu deret.

Seringkali hal ini tidak hanya akan mengganggu penampilan, namun juga akan mengganggu kesehatan gigi karena memungkinkan bakteri memiliki lebih banyak tempat untuk berkembang biak. Orang dengan hiperdonsia juga memungkinkan memiliki beberapa sindrom pertumbuhan gigi tak terkendali.

Penyebab dari hiperdonsia sendiri masih belum sepenuhnya jelas, namun faktor genetik diduga merupakan masalah utama terjadinya kelainan pertumbuhan gigi ini. Penyebab lainnya yang memungkinkan adalah faktor lingkungan dan aktivitas berlebih dari lamina gigi, yaitu sel yang membentuk benih gigi.

Masalah kelainan gigi ini penting sekali dideteksi sejak dini dan diberikan perlakuan sebelum muncul keluar karena bisa mengganggu kesehatan, Ladies. Cara yang mungkin dilakukan adalah dengan pencabutan gigi berlebih karena jika dibiarkan, gigi bisa menyebabkan perkembangan tumor.   

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading