Sukses

Beauty

Tips Menikmati Mudik Bagi Penyandang Diabetes

Lebaran memang selalu identik dengan mudik. Namun terkadang, jarak perjalanan yang terlalu jauh bisa menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang, terutama bagi penyandang diabetes. Hal tersebut bisa dihindari, asalkan persiapan mudik dilakukan dengan matang. Lalu apa saja yang harus dilakukan penyandang diabetes agar tetap dapat mudik dengan tenang dan lancar?

1. Siapkan perlengkapan medis yang memadai
Kondisi hipoglikemia (kadar gula darah di bawah normal) adalah sebuah ancaman yang bisa menyerang tanpa kenal waktu. Oleh karena itu persiapkanlah diri Anda sebaik mungkin. Bawalah tablet glukosa untuk pertolongan darurat jika tidak bisa menemukan minuman atau makanan manis di saat perjalanan. Jika ingin membawa insulin, simpanlah di tempat yang praktis dan mudah ditemukan. Bila perlu simpanlah insulin dalam dompet pendingin yang tersedia khusus untuk menjaga insulin tetap dalam keadaan baik.

2. Tetap jaga pola makan
Berada dalam perjalanan bukan berarti Anda boleh makan sembarangan. Sebaiknya carilah rumah makan yang menyediakan makanan sehat dan bersih. Begitu pula dengan ngemil. Bawalah cemilan sehat dengan nilai glikemik indeks yang rendah (low GI) agar gula darah Anda tetap stabil selama perjalanan. Selain ada pada buah-buahan seperti apel, mangga, dan stroberi, Anda juga dapat membawa beberapa bungkus SOYJOY untuk solusi lebih praktis.

3. Beristirahatlah secukupnya
Jangan sampai karena ingin cepat tiba di tujuan, Anda jadi memaksakan untuk tidak beristirahat selama perjalanan. Idealnya seseorang tidak boleh berkendara melebihi 10 jam tanpa istirahat sama sekali. Pola istirahat yang baik selama mudik adalah istirahat 30 menit setelah 2 jam mengemudi kemudian diselingi istirahat ringan setiap 1 jam mengemudi. Jangan lupa juga untuk minum air secukupnya selama istirahat.

Namun sebelum memutuskan untuk mudik alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, apakah kondisi tubuh Anda memungkinkan untuk berpuasa sekaligus melakukan perjalanan jauh.

Anda dapat berkonsultasi langsung dengan mudah, kapan saja dan di mana saja, gratis, hanya dengan melalui aplikasi Dokter Diabetes di smartphone Anda. Melalui aplikasi Dokter Diabetes SOYJOY, Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Internist, Dokter Jantung, dan Ahli Gizi terkemuka pada jam praktek tertentu. Jika kondisi offline maka layanan konsultasi tetap dapat dilakukan dan jawaban akan diterima dalam waktu 1 x 2 jam (office hour, weekday). Jadi, jangan tunggu apalagi, segera download versi Android-nya di sini dan nantikan versi iOS-nya bagi Anda pengguna iPhone atau iPad.

Jadi, sudah siap untuk mudik?

(vem/tey)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading