Sukses

Beauty

Tenggorokan Sakit Saat Lebaran? Atasi Dengan 5 Cara Berikut

Ladies, lebaran telah tiba. Pasti akan ada banyak makanan yang ingin Anda makan, karena keluarga pasti juga sudah memasak berbagai macam makanan yang enak untuk disantap bersama.

Namun bagaimana jika Anda malah tidak bisa menikmatinya karena sedang batuk pilek hingga sakit tenggorokan? Padahal Anda juga harus menyambut banyak tamu dan berbincang dengan mereka. Nah, untuk bisa mengatasi sakit tenggorokan, menurut www.health.comada beberapa cara mudah untuk meredakan sakitnya, antara lain yaitu

1. Minum Air

Penting sekali menjaga tenggorokan tetap basah saat Anda mengalami iritasi di tenggorokan, karena saat tenggorokan kering, nyeri akan semakin terasa dan Anda bahkan akan kesulitan menelan. Banyak minum juga akan membuat selaput lendir lembab sehingga bisa membasmi bakteri, melawan gejala flu dan iritasi tenggorokan karena alergi.

Efek lebih baik jika Anda minum air hangat, seperti misalnya teh dan jahe hangat yang mengandung antioksidan sehingga bisa memperkuat sistem imun dan menangkal infeksi. Anda juga bisa menambahkan madu karena akan membantu membunuh bakteri.

2. Berkumur Air Garam

Sebuah penelitian menemukan bahwa berkumur air garam hangat beberapa kali sehari dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan, membunuh bakteri dan membantu pelepasan lendir yang akan melumasi tenggorokan hingga mengurangi nyeri.

3. Makan Makanan Hangat

Biasanya, saat Lebaran akan ada banyak makanan berkuah yang hangat seperti kari ayam. Sup seperti ini akan sangat baik karena natrium atau kandungan garam dalam masakan bisa meredakan nyeri di tenggorokan. Bukan hanya itu, tubuh juga akan mendapat nutrisi untuk memperkuat imunitas yang akan melawan infeksi.

4. Minum Obat Batuk

Bahkan jika Anda belum mengalami batuk dan pilek, minum obat batuk mentol atau ekspektoran juga akan melegakan tenggorokan sekaligus memberikan perlindungan awal terhadap perkembangan virus sehingga Anda tidak sampai mengalami batuk dan pilek.

5. Minum Obat Antibiotik

Terkadang sebagai orang dewasa, Anda akan mengalami kelelahan karena aktivitas yang padat sehingga melemahkan sistem imun dan rentan terinfeksi bakteri seperti misalnya Streptococcus pyogenes yang menyebabkan radang tenggorokan. Jika begitu, harus ada resep dokter untuk obat antibiotik.

Nah, itu dia solusi untuk Anda yang sedang sakit tenggorokan. Jangan sampai rencana Lebaran berantakan hanya karena sakit tenggorokan ya. Happy Ied Mubarok Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading