Sukses

Beauty

Yuk, Sadar Akan Penyakit Hepatitis!

Ladies, banyak dari Anda yang mungkin belum mengetahui apa itu penyakit hepatitis secara mendalam. Apakah hepatitis merupakan penyakit menular atau bukan? Untuk itu Ladies, ada baiknya jika Anda yang sadar akan pentingnya kesehatan juga ikut mengenal lebih jauh tentang hepatitis.

Kata hepatitis diambil dari kata itis yang artinya peradangan dan hepa yang berarti hati. Jadi, hepatitis bisa diartikan sebagai peradangan yang muncul pada organ hati. Kondisi ini dapat sembuh sendiri atau bahkan dapat berkembang menjadi fibrosis atau jaringan parut, sirosis atau kanker hati.

Foto: copyright by Vemale.com

Hepatitis merupakan kelompok penyakit menular yang dikenal sebagai hepatitis A, B, C, D, dan E yang dapat mempengaruhi ratusan juta orang di seluruh dunia sehingga menyebabkan penyakit hati akut dan kronis yang dapat membunuh sekitar 1,4 juta orang setiap tahunnya.

Umumnya, pengetahuan tentang hepatitis masih minim dan cenderung diabaikan. Hal ini disebabkan oleh banyak munculnya penyakit hepatitis kronik yang biasanya muncul tanpa gejala sehingga perlunya edukasi dan deteksi dini untuk mencegah pertumbuhan penyakit hepatitis.

Penyebab lain dari penyakit hepatitis

Pelemakan hati, penyakit autoimun, konsumsi minuman beralkohol, dan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan hepatitis. Pada jenis hepatitis B, C dan D, virus dapat ditularkan melalui hubungan seks dan darah. Sedangkan pada hepatitis A dan E, virus dapat ditularkan melalui crofekal atau rute penularan penyakit dari feses ke mulut.

Foto: copyright by Vemale.com
“Satu dari sepuluh penduduk Indonesia mengidap hepatitis, sebagian besar tidak menyadari bahwa penyakit ini bisa sampai timbul komplikasi,” ungkap dr Irsan Hasan SpPD-KGEH pada acara SOHO #BetterU di Hotel Atlet Century Jakarta Selasa 15 Juli 2014 lalu.

Beliau juga menambahkan bahwa gejala yang muncul dari penderita hepatitis antara lain deman, lesu, hilang nafsu makan, mual, nyeri pada perut kanan atas dan disertai urin warna coklat.

Hal ini kemudian diikuti dengan ikterus, yaitu warna kuning pada kulit atau sklera mata karena tingginya bilirubin dalam darah. Dr. Irsan pun berkata bahwa langkah pencegahan yang umum dilakukan agar tidak terkena hepatitis adalah dengan vaksinasi.

Itu dia Ladies, kegiatan sadar hepatitis yang digelar SOHO agar semua warga Indonesia bisa paham akan pentingnya mengenal dan mengetahui apa itu penyakit hepatitis. Karena bukan tidak mungkin Anda juga memiliki risiko yang sama terserang penyakit berbahaya ini.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading