Sukses

Beauty

Yuk Mengenal Gejala Kanker Tulang

Meskipun penyakit kanker ini cukup jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan jenis kanker ini terjadi pada siapa saja Ladies, apalagi untuk Anda yang memiliki riwayat pernah operasi kanker atau memiliki riwayat keluarga pengidap kanker.

Meskipun terlihat sangat keras dan nampak seperti benda mati, namun tulang terbentuk dari sel-sel hidup yang juga berkembang dan tumbuh seperti layaknya organ tubuh lain. Sel-sel ini pun tidak menutup kemungkinan terserang sel kanker atau tumor.

Seperti dikutip dari www.betterhealth.vic.gov.au, gejala kanker tulang bisa dilihat dengan munculnya nyeri pada tulang dan sendi dan rasa sakit akan semakin parah saat malam hari. Gejala nyeri tersebut bisa diikuti dengan pembengkakan pada tulang dan sendi dan sulit digerakkan. Hal ini mungkin rancu dengan gejala penyakit lain seperti arthritis, apalagi jika nyeri datang dan pergi serta jarang terjadi.

Gejala lain yang muncul bisa berupa rentan terhadap patah tulang atau ciri dari keropos tulang. Kanker tulang bisa menyerang tulang primer namun juga bisa menyerang tulang sekunder. Kanker tulang primer adalah kanker yang benar-benar dimulai dari tulang, dengan kata lain sel kanker memang menginfeksi tulang Anda, dan hal ini sangat jarang terjadi.

Kanker tulang primer paling umum bernama osteosarkoma yang biasa menyerang orang dewasa muda kisaran umur di bawah 35 tahun. Penyebab pasti kanker tulang, seperti juga kanker lainnya, masih belum diketahui, namun paparan lingkungan yang buruk selalu berpotensi menjadi penyebab.

Jika Anda mengalami gejala seperti yang sudah disebutkan tadi, maka sebaiknya Anda mulai memeriksakan ke dokter agar mendapat diagnosa yang tepat. Diagnosa bisa dilakukan dengan cara x-ray dan scan tulang, biopsi dan MRI scan.

Penyakit tulang memang tidak banyak, namun jika sudah menyerang, pasti akan mempengaruhi kehidupan Anda secara keseluruhan. Berhati-hati merupakan salah satu hal yang tidak pernah salah Ladies, apalagi mengenal gejala dan menjaga kesehatan tulang dari penyakit kanker.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading