Sukses

Beauty

5 Hal Mengejutkan yang Ternyata Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Kalau sistem kekebalan tubuh sudah lemah, kita pastinya akan mudah sakit. Apalagi kalau sedang musim flu atau ada orang yang terkena flu, kita akan semakin mudah tertular jika sistem kekebalan tubuh melemah. Ladies, ternyata ada sedikitnya lima hal mengejutkan yang ternyata bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh kita. Apa sajakah kelima hal tersebut? Simak uraian yang dilansir dari womenshealthmag.com berikut ini.

    Udara yang Berpolusi

    Penelitian menemukan bahwa udara yang kotor dan berpolusi menekan sel-sel T, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh Anda, dan menyebabkan peradangan berlebih di dalam tubuh. Jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, Anda perlu memastikan diri untuk melindungi diri Anda dari menghirup udara yang berpolusi tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengenakan masker.

    Duduk Sepanjang Hari

    Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu kerja Anda dengan duduk sepanjang hari sambil menatap layar komputer, laju metabolisme tubuh Anda bisa melambat. Akibatnya, kemampuan tubuh Anda untuk menyerap nutrisi yang bisa menguatkan sistem imun juga akan lebih lambat dari biasanya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa coba untuk keluar jalan-jalan selama 5 menit setiap 1,5 jam sekali. Gerakan-gerakan sederhana ini bisa membuat mengaktifkan otot-otot Anda dan meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda.

    Mengonsumsi Makanan Siap Saji atau Instan

    Susan Blum, M. D. penulis dari The Immune System Recovery Plan menjelaskan bahwa tepung terigu di sejumlah makanan panggang bisa melemahkan sel T dan sel B di dalam tubuh. Padahal sel T dan sel B tersebut memiliki peran yang vital untuk mencegah penyakit. Pastikan makanan yang Anda konsumsi adalah makanan sehat dan bukan makanan siap saji atau instan.

    Terlalu Banyak Menghabiskan Waktu Seorang Diri

    Orang yang kesepian memiliki risiko terkena stres lebih besar. Ketika stres sudah meningkat, sistem imun pun akan ikut melemah, jelas Sheldon Cohen, Ph. D., seorang psikolog di Carnegie Mellon University. Carilah waktu untuk tetap bersosialisasi dengan teman sekitar Anda dan bisa membuat Anda merasa tetap nyaman tanpa stres yang berlebih. Stres juga bisa membuat level hormon Anda tak seimbang dan ya bisa ditebak bahwa sistem imun Anda pun akan ikut melemah.

    Makanan yang Anda Konsumsi Tak Mengandung Lemak Baik yang Cukup

    Lemak sehat seperti yang ada di ikan, alpukat, dan kacang memiliki kandungan anti radang yang bisa melancarkan sistem imun Anda. Memang Anda harus membatasi konsumsi lemak hewan, tapi tubuh Anda juga butuh lemak baik. Jadi, Anda bisa menambahkan ikan salmon, sarden, kale, atau kacang almon ke dalam menu Anda karena makanan tersebut juga mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang baik untuk tubuh Anda.

Agar sistem kekebalan tubuh Anda tetap terjaga dengan baik dan Anda tak mudah sakit, penuhi kebutuhan gizi dan miliki pola hidup sehat. Tidur berkualitas yang cukup dan olahraga teratur juga bisa membantu Anda untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading