Sukses

Beauty

Ketahui Penyebab Anda Mengalami Tekanan Darah Rendah!

Kadang, saat berdiri tiba-tiba Anda merasa pusing dan ingin terjatuh. Begitu juga dengan Anda yang lama duduk, kemudian merasa pusing saat berdiri dengan tiba-tiba. Yup, hal tersebut sering dialami oleh banyak penderita tekanan darah rendah.

Nah Ladies, sebelum membahas penyakit tekanan darah rendah lebih lanjut, tidak ada salahnya lho jika Anda menyimak faktor penyebabnya terlebih dahulu.

Menurut penjelasan dr. Friens Sinaga, Sp.JP dari MeetDoctor.com, berikut ini merupakan faktor penyebab Anda mengalami tekanan darah tinggi.

  • Gangguan kontraksi jantung dalam menguncup dan mengembang untuk mengeluarkan darah dari rongga otot jantung ke seluruh tubuh. Makin baik otot jantung maka makin banyak volume darah yang dipompakan. Sebaliknya jika fungsi otot jantung kurang baik maka volume darah yang dipompakan sedikit sehingga tekanan darah menurun.
  • Denyut nadi yang lambat. Dalam keadaan kompensasi jantung normal, semakin cepat denyut jantung, semakin tinggi tekanan darah.
  • Gangguan tegangan perifer. Atau gangguan tegangan kelenturan pembuluh darah. Semakin lembek tegangan pembuluh darah, semakin rendah tekanan darah, begitu sebaliknya.

Selain faktor tadi, masih terdapat hal lain yang menyebabkan Anda mengalami darah rendah. Misalnya saja diare. Diare hebat membuat kondisi seseorang kekurangan cairan sehingga tidak bertenaga. Kondisi ini membuat otot jantung lemah dalam memompakan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Akibatnya tekanan darah menjadi menurun.

Berdiri terlalu lama terlebih dalam kondisi yang misalnya, belum sarapan pagi atau malam harinya yang kurang tidur bisa juga menyebabkan tekanan darah rendah. Hal ini disebabkan pada posisi berdiri, darah cukup sulit sampai di kepala. Dibutuhkan tekanan cukup besar agar darah sampai kepala. Kurangnya darah sampai di kepala membuat tekanan darah rendah dan jatuh pingsan.

Tekanan darah rendah juga bisa terjadi karena seseorang mengalami pendarahan akibat luka terbuka atau luka di bagian dalam. Bisa juga akibat pelebaran pembuluh darah karena infeksi berat. Penyebab lainnya ialah kondisi lemah jantung, serangan jantung dan alergi obat.

Semoga bermanfaat Ladies.

 

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading