Sukses

Parenting

Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Diderita Anak

Selain kulit anak yang sensitif, mereka juga rentan terhadap penyakit kulit. Tak hanya itu, bahkan mereka juga rentan terhadap alergi dan ketika makan sembarangan, akan berdampak pada kesehatan kulit mereka. Terlebih lagi, sistem kekebalan tubuhnya yang masih lemah yang membuatnya mudah terkena virus penyakit termasuk penyakit kulit.

Nah Ladies, berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit kulit yang sering diderita anak seperti yang dijelaskan oleh MeetDoctor.com.

    Impetigo

    Jenis penyakit kulit ini biasanya dikarenakan anak kurang menjaga kebersihan, sehingga terjadi infeksi bakteri stafilokokus atau streptokokus. Gejala impetigo terlihat dari kulit yang menjadi kemerahan dan melepuh serta berisi cairan dan berkerak. Impetigo dapat menular melalui sentuhan kulit ataupun berbagi barang pribadi seperti handuk dan mainan. Jika anak mengalami impetigo, sebisa mungkin usahakan agar anak tidak menggaruk luka supaya impetigo tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Anda dapat menggunakan antibiotik untuk menghentikan penyebaran pada kulit anak.

    Biang keringat

    Biang keringat akan muncul jika anak berkeringat karena memakai pakaian yang terlalu tebal dan tidak menyerap keringat. Gejala biang keringat bisa dikenali bintik-bintik kemerahan seperti jerawat di kepala, leher, bahu, punggung, atau beberapa bagian tubuh lainnya. Makanya Ladies, usahakan agar buah hati Anda menggunakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat apalagi mereka yang sangat aktif bergerak dan mudah mengeluarkan keringat.

    Kurap

    Kurap atau ringworm merupakan jenis infeksi kulit yang disebabkan jamur yang hidup di dalam kulit mati, rambut, atau jaringan kuku. Gejala yang muncul akibat kurap adalah kulit menjadi kemerahan dan bersisik. Lama-kelamaan akan terbentuk pola seperti cincin, kemudian kulit pun terkelupas, merah, gatal, dan melepuh. Kurap bisa ditularkan dengan cara bersentuhan dengan orang atau hewan yang telah terkena kurap, serta berbagi barang, seperti handuk atau mainan. Kurap sendiri bisa diobati dengan mengoleskan salep antijamur.

    Kutil

    Kutil merupakan penyakit kulit yang tumbuh pada jari atau tangan anak. Salah satu cara penularan kutil adalah kontak dengan orang yang terinfeksi virus papilloma. Kutil bisa dihilangkan dengan dicabut hingga ke akar, kemudian dibalut dengan perban. Anak tidak boleh menggigit kuku atau kutikula untuk menghindari kutil.

Anda tidak ingin kan si kecil menderita penyakit kulit? Makanya, lakukan upaya pencegahan mulai dari sekarang. Anda bisa memulai dari menjaga kebersihannya.

 

Sumber: MeetDoctor.com

 

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading