Sukses

Parenting

Nyeri di Pinggul, Wanita Perlu Waspada

Banyak sekali nyeri yang bisa timbul di tubuh, salah satunya adalah di bagian pinggul, dan para wanita cenderung mengalaminya daripada kebanyakan pria. Hal ini mungkin karena pinggul wanita lebih besar dalam hal ukuran daripada milik pria, namun bisa jadi ada hal lain yang menjadi penyebabnya.

Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, beberapa penyebab umum nyeri atau sakit di pinggul adalah arthritis, patah tulang pinggul, tendinitis atau bursitis, hernia, masalah ginekologi dan tulang belakang. Tentu saja diagnosa setiap orang bisa berbeda tergantung umur, bentuk tubuh atau berat badan, dan aktivitas harian yang dijalani penderita sakit pinggul, Ladies.

1. Arthritis
Ini adalah penyebab paling umum yang dialami wanita saat mengeluh nyeri pinggul kronis, dan diagnosa osteoarthritis khususnya lebih sering muncul seiring bertambahnya usia. Nyeri biasanya dirasakan pada bagian depan paha atau selangkangan.

2. Patah tulang pinggul
Patah tulang pinggul terutama sering dialami oleh wanita berumur atau sudah tidak muda lagi karena osteoporosis atau penurunan kepadatan tulang. Sakit biasanya juga terjadi saat Anda menggerakkan, mengangkat dan berdiri di atas kaki Anda. Para atlet kemungkinan besar juga bisa mengalami hal ini karena sebuah kecelakaan.

3. Tendinitis atau bursitis
Penyakit ini berhubungan dengan otot dan tendon yang meradang pada bagian pinggul karena aktivitas berat seperti misalnya sering berlari. Dalam hal ini, atlet lari bisa lebih beresiko dari wanita lainnya. Bursitis juga bisa menjadi penyebab, karena adanya peradangan pada kantung bantalan bernama bursa di bagian tulang pinggul. Hal ini akan semakin nyeri ketika Anda bergerak.

4. Hernia
Gejala penyakit ini biasa muncul pada selangkangan, femoralis atau tulang paha, dan hernia inguinal. Hal ini biasanya menyebabkan nyeri pada bagian depan pinggul wanita. Ibu hamil memiliki resiko lebih besar mengalami hal ini karena adanya tambahan tekanan yang besar di atas pinggul.

5. Masalah ginekologi dan tulang belakang
Penyebab terakhir adalah masalah ginekologi seperti misalnya pada endometriosis. Saat lapisan rahim mengalami kelainan dengan tumbuh di tempat lain, hal ini bisa menyebabkan sakit pinggul. Hal lain berhubungan dengan tulang belakang seperti syaraf terjepit, dapat pula menjadi penyebab sakit pinggul.

Jadi, jika Ladies sering mengalami nyeri yang tidak tertahankan di bagian pinggul, maka ada baiknya jika Anda periksakan ke dokter ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading