Sukses

Beauty

4 Tips Praktis Agar Tidak Mudah Jatuh Sakit

Duh, jatuh sakit itu memang sangat tidak mengenakkan. Aktivitas terganggu dan bahkan bisa membuat kita melewati sejumlah hal penting lainnya. Nah, saat tubuh masih sehat, penting bagi kita untuk bisa menjaga agar tidak mudah jatuh sakit. Caranya? Ikuti 4 tips praktis yang dilansir dari health.com berikut ini.

    Bersahabat dengan Udara Segar

    Terus berada di dalam ruangan tampaknya menjadi cara aman agar terhindar dari sejumlah penyakit. Namun, faktanya adalah ketika di dalam ruangan terus-terusan, Anda akan terkungkung bersamaan dengan bakteri yang ada dalamnya. Bangunlah di pagi hari dan dapatkan udara segar atau berolahragalah di luar saat pagi hari, maka sistem imun tubuh Anda akan meningkat.

    Lakukan Relaksasi

    Stres bisa meningkatkan risiko Anda terkena flu. Hal ini berkaitan dengan hormon stres yang bernama glukokortikoid. Betapa sibuknya Anda, Anda harus bisa meluangkan waktu untuk melakukan relaksasi atau penenangan diri. Ketika pikiran Anda tenang, Anda juga pastinya bisa melakukan semua kegiatan Anda dengan baik.

    Selalu Cuci Tangan

    Flu dan pilek bisa dengan mudah menular dan menyebar lewat sentuhan. Anda perlu memastikan bahwa Anda selalu mencuci tangan Anda dengan bersih. Sebisa mungkin hindarkan tangan Anda bersentuhan dengan mata, hidung, dan mulut. Sabun dan air adalah pembersih tangan yang paling efektif, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Tapi, sabun batangan bisa jadi tempat tumbuh kuman, maka untuk lebih amannya gunakan sabun cari. Saat mencuci tangan dengan sabun, biarkan busa terserap ke kulit Anda selama 20 detik baru bilas dan keringkan dengan lap atau handuk bersih.

    Tidur Nyenyak dan Cukup

    Fungsi dan kemampuan sistem kekebalan tubuh bisa menurun jika kita tak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Meskipun para ahli sering mengungkapkan bahwa setiap individu punya kebutuhan tidur yang berbeda-beda, tapi menurut penelitian Carnegie Mellon pada tahun 2009, tidur cukup selama tujuh jam penuh tanpa harus terbangun berulang kali bisa tiga kali lipat mencegah Anda terkena flu atau pilek.

Rata-rata orang dewasa terkena flu tiga kali dalam setahun. Setiap penyakit flu bisa berlangsung selama sembilan hari. Asalkan Anda tetap menjaga gaya hidup sehat, Anda pasti bisa terhindar dari flu dan segala jenis penyakit lainnya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading