Sukses

Beauty

Patah Tulang? Percepat Penyembuhan Dengan 5 Jenis Makanan Ini

Patah tulang atau fraktur bukan lah masalah kesehatan yang pernah diharapkan setiap orang. Mengetahui bahwa Anda mengalami kecelakaan dan tanpa sengaja mengalami patah tulang, bisa jadi adalah kabar buruk dan mengerikan.

Namun ada cara untuk bisa mempercepat penyembuhan patah tulang yang Anda alami. Seperti dikutip dari laman purelynutritious.com, paling tidak ada 5 jenis makanan yang dapat memperpendek waktu pemulihan dan membuat Anda memiliki resiko lebih kecil untuk patah tulang lagi. Apa sajakah itu?

1. Perbanyak asupan kalori
Anda akan membutuhkan banyak energi untuk penyembuhan patah tulang, dan asupan yang dibutuhkan oleh orang dewasa sekitar 2.500 kalori per hari. Untuk masalah patah tulang yang parah, Anda mungkin membutuhkan lebih dari itu dan bisa mencapai 6000 kalori.

2. Perbanyak asupan protein
Selain terdiri dari kalsium, kurang lebih sekitar 50% dari tulang juga terbentuk karena adanya protein. Jadi, asupan protein yang banyak harus Anda terapkan untuk mendapatkan penyembuhan yang cepat. Ketika fraktur terjadi, secara otomatis tubuh akan mengumpulkan protein di dalam tubuh untuk membuat tulang baru, sehingga meningkatkan konsumsi makanan berprotein tinggi paling tidak 10-20 gr per hari sudah mampu mempercepat penyembuhan.

3. Perbanyak asupan nutrisi anti-inflamasi
Ketika Anda mengalami patah tulang, bukan hanya tulang saja yang mengalami kerusakan, jaringan di sekitarnya seperti otot dan daging yang memiliki pembuluh darah juga mengalami kerusakan sehingga menimbulkan reaksi bengkak atau radang.

Makanan yang memiliki antioksidan tinggi, termasuk vitamin E dan C, likopen, dan alpha lipoic acid diketahui dapat meningkatkan kecepatan penyembuhan patah tulang karena dapat mengurangi efek negatif oksidatif dan menangkal radikal bebas. Makanan tinggi vitamin C, bioflavonoid dan flavonol, asam lemak omega 3 dan enzim proteolitik secara alami akan menenangkan peradangan dan mempercepat penyembuhan.

4. Perbanyak asupan mineral
Perlu diketahui bahwa 70% dari tulang adalah mineral, dan tuntutan untuk konsumsi makanan tinggi mineral menjadi salah satu keharusan jika Anda ingin mempercepat pemulihan. Mineral seperti seng, kalsium, fosfor, tembaga dan silikon adalah beberapa yang harus dipenuhi.

5. Perbanyak asupan vitamin
Beberapa vitamin memiliki peran penting dalam proses penyembuhan, seperti vitamin C, D, dan K serta vitamin B, terutama B6, yang akan menghasilkan energi.

Tentunya banyak dari asupan nutrisi tersebut sangat banyak ditemukan pada buah dan sayur serta kacang-kacangan. Konsumsi ikan juga sangat dianjurkan. Untuk mengetahui lebih pasti, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk saran diet pemulihan patah tulang ini Ladies, karena kebutuhan setiap orang mungkin berbeda.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading