Sukses

Beauty

Wah, Ternyata Ini Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Demam

Saat demam, tubuh terasa nyeri, badan panas, pandangan berputar dan semua makanan terasa tidak enak. Walau di hadapan Anda ada banyak makanan enak, yang bisa Anda habiskan dalam waktu cepat ketika sehat, lain ceritanya saat Anda demam. Selera makan akan berkurang drastis di saat sakit, ditambah lagi, lidah terasa pahit, sehingga makanan apapun yang Anda nikmati terasa pahit dan tidak enak sama sekali. Kenapa bisa begitu ya?

Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami lidah pahit saat sedang sakit atau demam. Hampir semua orang pernah mengalami masa tidak enak ini, baik di saat sakit atau di masa penyembuhan. Apa penyebabnya? Dilansir oleh biology-online.org, salah satu penyebab lidah terasa pahit adalah suhu badan yang tinggi saat demam terjadi. Saat tubuh panas, salah satu bagian otak yang berfungsi sebagai penerjemah rasa kehilangan kepekaan untuk sementara waktu.

Lidah Pahit Hampir Sama Seperti Halusinasi Saat Demam

Bagian itulah yang bertanggung jawab untuk membedakan rasa yang dikirimkan oleh lidah. Ketika bagian ini tidak bekerja normal, maka semua makanan akan diterjemahkan sebagai rasa pahit. Maka jangan heran saat menikmati makanan seenak apapun atau semanis apapun, akan terasa sensasi pahit di lidah Anda. Biasanya hal ini masih terjadi ketika suhu badan sudah turun dan di masa penyembuhan, namun fungsi reseptor ini akan kembali normal beberapa waktu kemudian.

Jika Anda mengalami hal ini ketika sakit, tetaplah mengonsumsi makanan sehat, karena tubuh Anda memerlukan banyak nutrisi di masa penyembuhan. Walaupun makanan-makanan itu terasa tidak enak, Anda harus memaksa diri untuk makan dalam jumlah wajar. Untuk mengurangi efek pahit, konsumsi air putih secukupnya, karena air dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang panas.

Semoga penjelasan sederhana ini bisa membuat Anda memahami kenapa lidah terasa pahit ketika demam.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading