Sukses

Beauty

Ini Dia 5 Penyebab Rasa Mual Setelah Makan

Makan adalah kebutuhan yang tidak bisa diabaikan begitu saja, namun beberapa orang seringkali merasa mual saat setelah makan. Jika Anda termasuk salah satu yang mengalaminya, maka berikut ini mungkin adalah penyebabnya.

Berdasarkan kutipan dari www.newhealthguide.org, paling tidak ada 5 penyebab rasa mual setelah makan yang dijelaskan berikut ini.

1. Keracunan atau alergi makanan
Keracunan makanan adalah salah satu penyebab utama mual dan muntah yang dialami setelah makan. Tubuh akan menolak makanan di dalam lambung setelah makanan yang terkontaminasi memproduksi racun di dalam sistem gastrointestinal. hal ini bahkan bisa bertambah parah dengan timbulnya reaksi muntah, demam, diare bahkan pingsan.  

Alergi makanan juga dapat menyebabkan mual setelah makan. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang merespon beberapa makanan abnormal yang Anda makan. Untuk setiap orang hal ni bisa berbeda-beda dari mulai jenis makanannya hingga seberapa parah alergi dan mual yang diderita.

2. Viral Gastroenteritis
Viral Gastroenteritis adalah salah satu virus yang menginfeksi usus dan perut. Virus ini berkembang ketika orang mengonsumsi makanan yang kotor, terkontaminasi bakteri atau racun yang menyebabkan mual dan muntah serta diare. Terkadang gejala tidak hanya mual saja, namun juga diikuti dengan demam, muntah dan nyeri pada perut.

3. Stres dan Kecemasan
Secara ilmiah, telah terbukti bahwa emosi manusia secara signifikan dapat mempengaruhi fungsi tubuh dengan melepaskan hormon tertentu dan mediator kimia sehingga ketika Anda merasa tertekan atau gelisah, Anda jadi tidak berselera makan dan jika dipaksakan makan, maka secara alami perut akan menolak dan dapat menyekresi mediator tertentu dari sistem pencernaan yang dapat menyebabkan mual setelah makan.

4. Dispepsia atau gangguan pencernaan
Hal ini secara alami memang memiliki gejala dengan menimbulkan rasa mual setelah makan. Reaksi ini disebabkan oleh seringnya makan makanan berlemak dan berminyak, makan secara berlebihan, stres emosional dan konsumsi minuman berkarbonasi. Dalam kasus lain, gangguan pencernaan disebabkan oleh kondisi seperti kanker perut atau batu empedu.

5. Kehamilan
Hormon-hormon kehamilan seringkali mempengaruhi kebiasaan makan dan mengurangi motilitas usus, dan karena itu meningkatkan risiko mual dan muntah. Semua gejala ini bersifat sementara dan menghilang secara spontan setelah melahirkan.

Jadi, kira-kira mana yang menjadi penyebab mual Anda setelah makan Ladies?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading