Sukses

Beauty

Ngantuk Di Siang Hari? Ini Dia 3 Penyebab Utamanya

Mengantuk saat siang hari bukan hanya akan mengganggu aktivitas dan produktivitas kerja Anda, namun juga bisa membahayakan keselamatan orang lain di jalan saat Anda berkendara. Terkadang alasan kelelahan bisa jadi penyebabnya, namun penyebab lain bisa jadi tidak sesederhana itu dan bahkan berhubungan erat dengan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Seperti dikutip dari www.livestrong.com, ada tiga penyebab yang menjadikan Anda sering mengalami rasa kantuk berlebih di siang hari, yang pertama adalah gangguan sistem saraf pusat. Hipersomnia, meskipun jarang terjadi, tapi bisa jadi adalah penyebab utama Anda mengalami kelelahan dan kantuk di siang hari.

Narkolepsi juga merupakan gangguan saraf di mana otak kehilangan kemampuan dalam mengatur pola tidur dan ini terutama berbahaya ketika seseorang dengan narkolepsi ada di tempat umum. Dibutuhkan perawatan dan terapi khusus untuk mereka dengan gangguan sistem saraf pusat.

Penyebab kedua adalah kurang tidur. Hal ini mungkin adalah yang paling sering terjadi dan sebagai besar orang dewasa mengalaminya dalam suatu fase hidup mereka. kurangnya istirahat di malam hari akan mengakibatkan rasa kantuk saat siang hari dan menjadikan tubuh tidak bertenaga. Gangguan tidur semacam sleep apnea bisa memperburuk keadaan karena tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen secara optimal diakibatkan terhentinya aktivitas bernafas yang berulang kali.

Alasan ketiga adalah adanya gangguan tidur bernama Circadian Rhythm. Orang dengan gangguan ritme sirkadian ini tidak dapat tidur dan bangun pada waktu normal bekerja, sekolah dan kebutuhan bersosialisasi lainnya. Sel-sel saraf di daerah otak yang dikenal sebagai inti suprachiasmatic mengontrol irama sirkadian seperti pelepasan hormon, serta sinyal lingkungan seperti gelap dan terang.

Ritme ini terganggu seperti pada mereka yang menderita akibat perubahan waktu yang signifikan karena perjalanan jauh, perbedaan waktu negara lain, atau bekerja shift malam sehingga kantuk di siang hari sering terjadi. Untuk mengembalikan ritme ke siklus semula, dibutuhkan waktu penyesuaian lagi.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading