Sukses

Beauty

Wah, Ternyata Makan Malam Memberi 4 Manfaat Sehat

Banyak yang bilang jika Anda ingin menurunkan berat badan lebih cepat, maka Anda tidak boleh makan saat malam hari. Mungkin hal ini ada benarnya, mungkin juga tidak.

Alasan utama mengapa Anda sebaiknya tidak makan terlalu banyak saat malam hari adalah karena tubuh tidak melakukan banyak kegiatan yang membakar lemak dan membutuhkan banyak energi, sehingga dikhawatirkan akan ada penumpukan energi yang kemudian diubah menjadi lemak di dalam tubuh.

Namun sebenarnya bukan kebiasaan makan malamnya yang tidak baik, namun apa yang Anda makan lah yang menjadi penyebabnya. Karena berdasarkan kutipan dari www.livestrong.com, ada empat kebaikan yang akan Anda dapatkan saat makan di malam hari.

Pertama, menurunkan dan mengontrol kadar gula darah harian. Sebuah penelitian oleh American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa apa yang Anda makan malam ini akan mempengaruhi respon tubuh saat sarapan esok hari.

Hal ini menunjukkan bahwa jika Anda makan makanan yang rendah kalori dan gula saat malam, akan mampu menurunkan kadar gula darah di pagi hari. Hal ini tidak hanya baik untuk penderita diabetes, namun juga untuk Anda yang ingin diet menurunkan berat badan. Coba makan kacang-kacangan, sayuran hijau dan dada ayam tanpa kulit menu makan Anda di malam hari.

 

Hal kedua adalah tidak semua karbohidrat akan diubah menjadi lemak saat Anda makan tengah malam. Banyak yang menghindari karbohidrat   karena efeknya yang akan diubah menjadi lemak tubuh. Namun jika Anda ingin melakukan olahraga di malam hari seperti misalnya berenang, maka karbohidrat sangat diperlukan untuk mengembalikan kebugaran dan kekuatan tubuh, terutama otot setelah olahraga.

Coba makan karbohidrat sehat seperti pisang, mangga, alpukat, kentang rebus atau ubi rebus sebagai pemenuhan kebutuhan karbohidrat Anda di malam hari. Selain akan mengembalikan kekuatan tubuh, juga akan melancarkan pencernaan.   

Ketiga, makan karbohidrat di malam hari membantu mengontrol rasa lapar. Karena perut sudah terisi karbohidrat dan tubuh tidak banyak mengeluarkan energi di malam hari, maka saat pagi hari, Anda tidak akan merasa terlalu lapar dan hanya makan sedikit saat sarapan dan perasaan kenyang bisa bertahan hingga waktunya makan siang.

Terakhir, makan protein sebelum tidur akan membantu membentuk otot ketika Anda sudah terlelap. Saat Anda sedang tidur, sebenarnya tubuh tidak berhenti berfungsi dan asupan protein seperti susu, keju, yogurt, dan telur rebus akan meningkatkan fungsi tubuh dalam membentuk otot.

Hal inilah yang seringkali dilakukan oleh para binaraga untuk membentuk otot. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi protein saat sebelum tidur juga akan membantu secara efektif menghilangkan kelelahan setelah seharian bekerja.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading