Sukses

Beauty

Mau Sehat? Puasa Adalah Jawabannya

Bulan Ramadhan adalah bulan yang besar untuk semua umat muslim, tidak terkecuali orang Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam. Sebulan penuh diwajibkan puasa tentu saja banyak orang yang pada awalnya merasa keberatan, namun seiring berjalannya waktu, pasti sudah terbiasa.

Meski begitu, puasa bukan hanya suatu kewajiban saja, karena sebenarnya puasa juga memiliki berbagi macam manfaat kesehatan yang patut disyukuri. Seperti dikutip dalam uk.lifestyle.yahoo.com, paling tidak ada 4 manfaat kesehatan yang akan dibahas kali ini mengenai puasa.

Pertama adalah meningkatkan kinerja otak. Meskipun Anda diwajibkan untuk tidak makan seharian, di mana tidak ada asupan makanan yang  

akan diubah menjadi energi, tapi ternyata suatu penelitian di Amerika menemukan bahwa fokus mental dan konsentrasi sebenarnya malah meningkat dibandingkan hari biasa.

Selain itu, otak juga mengalami peningkatan dalam kinerja neurotropik dan menghasilkan lebih banyak sel-sel otak sehingga otak akan melakukan fungsinya secara lebih baik. Selain itu Anda akan mengalami penurunan hormon kortisol yang akan menurunkan tingkat stres harian Anda selama Ramadhan.

Manfaat kedua adalah menghentikan kecanduan dan kebiasaan buruk. Di bulan Ramadhan, karena Anda tidak makan selama seharian, maka kesempatan untuk mengonsumsi makanan bergula, fast food atau merokok menjadi berkurang.Hal inilah yang menjadi faktor pendukung utama jika Anda ingin mengurangi makanan tidak sehat dan menghentikan kecanduan rokok.

Karena terbiasa selama berhari-hari tidak melakukan atau mengonsumsi hal yang tidak sehat, tubuh akan terbiasa dengan hal itu dan secara perlahan akan meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Apalagi jika dilakukan serentak sekaligus bersama banyak orang, puasa jadi tidak terasa, bukan?

Manfaat ketiga adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian kelompok ahli kardiologi di Arab telah membuktikan bahwa konsentrasi lipid, yaitu protein penyumbang kolesterol, mengalami penurunan signifikan selama berpuasa.

Hal ini mengindikasikan adanya penurunan kadar kolesterol dalam darah. Penurunan kadar kolesterol tentunya akan berpengaruh terhadap penurunan risiko akan penyakit kardiovaskuler, Ladies.  

Keempat, manfaat puasa adalah membuat tubuh menyerap nutrisi makanan lebih baik. Dengan tidak makan seharian, tubuh akan memproses makanan menjadi lebih baik dan hormon adiponectin, yang bertugas dalam mengatur metabolisme juga akan meningkat penyerapan nutrisi ke otot.

Jadi, jika Anda kebetulan mengeluh soal beratnya puasa hari ini, coba ingat dulu manfaat kesehatan apa saja yang akan Anda dapatkan selama puasa Ramadhan ini, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading