Sukses

Beauty

5 Alasan Kenapa Kita Dianjurkan Minum Kopi Sebelum Olahraga

 Kabar baik untuk Anda pecinta kopi. Minum kopi sebelum olahraga ternyata bisa memberikan kita berbagai macam manfaat. Menurut sebuah penelitian terbaru "Ingestion of a Moderately-High Caffeine Dose Before Exercise Increases Post-Exercise Energy Expenditure" yang dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, olahraga setelah minum secangkir kopi bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Berikut ini ada lima alasan kenapa kita dianjurkan minum kopi sebelum olahraga seperti yang dilansir oleh huffingtonpost.com.

    Meningkatkan Sirkulasi Darah

    Sebuah penelitian di Jepang meneliti efek kopi terhadap sirkulasi darah pada orang-orang yang bukan maniak kopi. Setiap partisipan minum secangkir kopi, ada yang minum kopi berkafein dan ada yang tidak berkafein. Hasilnya, orang-orang yang minum kopi berkafein sirkulasi darahnya meningkat 30 persen lebih tinggi dalam waktu 75 menit dibandingkan orang-orang yang minum kopi tak berkafein. Sirkulasi darah meningkat, olahraga jadi lebih maksimal--otot-otot tubuh kita pastinya butuh oksigen kan.

    Sedikit Rasa Sakit

    Sering merasa nyeri otot sesudah olahraga? Kafein dalam kopi bisa membantu meningkatkan kemampuan dan ketahanan otot-otot tubuh Anda.

    Peningkatan Daya Ingat

    Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Johns Hopkins University menemukan bahwa kafein bisa meningkatkan daya ingat sampai 24 jam setelah mengonsumsinya. Saat berolahraga, daya ingat menjadi penting khususnya ketika Anda perlu melakukan gerakan-gerakan khusus untuk otot-otot tertentu.

    Melindungi dan Menjaga Otot

    Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hewan, ilmuwan olahraga di Coventry University menemukan bahwa kafein dapat mencegah menurunnya kemampuan otot yang terjadi bersamaan dengan proses penuaan. Dengan konsumsi yang cukup, kafein bisa membantu menjaga kestabilan olahraga dan mengurangi risiko cedera yang berhubungan dengan usia.

    Otot yang Lebih Bertenaga

    Ingin bisa lebih lama berolahraga atau melakukan olahraga yang dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi? Konsumsilah sedikit kafein setelah Anda berolahraga hari ini. Dalam Journal of Applied Physiology, sedikit asupan kafein setelah olahraga bisa membantu Anda untuk memiliki ketahanan yang lebih baik untuk melakukan olahraga di hari selanjutnya.

Perlu diingat bahwa konsumsi kafein harus benar-benar cukup agar bisa mendapatkan manfaatnya. Dalam sehari, untuk wanita dengan berat badan 68 kilogram, hanya butuh kopi berkafein sebanyak 450 cc. Selain itu, tetap jadikan air putih sebagai minuman utama Anda selama olahraga.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading