Sukses

Beauty

Langkah Mudah Kurangi Sampah

Salah satu masalah serius yang harus dihadapi oleh masyarakat saat ini adalah sampah, di mana sampah memiliki dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan. Setiap individu adalah penghasil sampah dan masyarakat memiliki peran untuk bisa menanggulangi nya. Sayangnya, saat ini masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana cara mengurangi sampah, padahal setiap individu bisa berteman dengan sampah dan membuat sampah menjadi lebih berguna.

Sebenarnya mengurangi sampah bukanlah hal yang sulit, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut cara sederhana mengurangi sampah:

Kurangi membeli barang kemasan
Sisa kemasan merupakan sampah yang paling sering ditemui. Usahakan janganm embeli produk dalam kemasan sachet, tapi belilah produk yang dikemas dalam ukuran besar untuk mengurangi sampah. Jika memungkinkan, pilih produk yang dikemas dalam botol kaca.

Menyediakan tas belanja sendiri
Biasakan membawa tas belanja sendiri setiap kali akan berbelanja. Dengan membawa keranjang belanja, Anda tidak perlu lagi memakai kantong-kantong plastik untuk membawa barang belanjaan. Sampah yang berupa kantong plastik pun akan berkurang.

Pergunakan kembali botol plastik Anda
Ketika membeli minuman dalam botol, gunakan kembali botol tersebut maksimal 4 sampai 5 kali. Dengan begitu Anda tidak perlu berulang kali membeli minuman kemasan. Sampah yang berupa botol plastik pun juga akan berkurang.

Menggunakan kertas di kedua sisi
Ketika Anda menulis atau mencetak pada kertas, usahakan untuk menggunakan kedua sisi kertas. Hal ini selain mengurangi sampah kertas, juga akan menghemat penggunaan kertas. Jika kedua sisi halaman telah terpakai, barulah Anda bisa membuangnya.

Memanfaatkan kembali sampah
Biasakan untuk memilah-milah sampah yang bisa diurai kembali dan yang bisa didaur ulang. Untuk sampah yang bisa diurai kembali atau sampah organik, Anda bisa memanfaatkannya sebagai pupuk kompos. Sedangkan sampah anorganik, Anda bisa memakainya untuk pot tumbuhan atau pekerjaan tangan lain.

Lewat beberapa langkah mudah di atas, mari memulai kebiasaan hidup yang lebih baik demi masa depan anak Indonesia yang lebih baik. Langkah selanjutnya setelah bisa mengurangi sampah, tidak ada salahnya untuk bisa menjadi pionir untuk membentuk bank sampah.

Unilever melalui Project Sunlight Living Challenge menantang keluarga Indonesia untuk hidup dengan lebih baik. Ingin mencontoh cara menjaga lingkungan bersama Sunlight Living Challenge, dapatkan informasinya di sini.

(vem/tey/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading