Sukses

Beauty

Mengenal Proses Mentruasi pada Sistem Reproduksi Wanita

Ladies, bagi Anda yang sudah menginjak umur dewasa tentu mengalami apa yang disebut dengan menstruasi. Ya kan? Menstruasi memang terjadi bagi wanita yang akan menginjak umur dewasa atau pada masa ini biasa disebut dengan masa pubertas. Proses mentruasi sangat berpengaruh terhadap sistem reproduksi wanita.

Pada masa pubertas mulai terjadi perkembangan fisik luar dan dalam. Pada wanita, perkembangan fisik luar biasanya di tandai dengan perubahan dada yang mulai membesar, pinnggul membesar, tumbuh rambut di sekitar daerah kelamin dsb.

Perkembangan tersebut juga terjadi pada perkembangan organ dalam terutama pada sistem reproduksinya. Perubahan organ pada sistem reproduksi wanita membuat organ-organ menjadi lebih matang.

Saat organ reproduksi mulai matang membuat organ wanita mengalami siklus menstruasi. mengapa pada wanita yang dewasa bisa mengalami menstruasi?

Ladies, saat organ mulai matang akan menghasilkan hormon-hormon yang dapat membuat terjadinya siklus mentruasi pada wanita. Siklus aktivitas hormonal ini akan mengulang pada interval setiap satu bulan.

Pada proses mentruasi sebernanya adalah proses pelepasan dinding rahim yang dikeluarkan dalm bentuk darah yang kotor, hal ini sekaligus hasil dari ovarium yaitu sel telur yang tidak dibuahi oleh sel sperma. Tapi, tenang ladies hal ini adalah hal yang alami kok.

Terdapat empat hormon utama yang terlibat dalam mengatur dan merangsang aktivitas sel-sel organ reproduksi dalam siklus menstruasi. hormon itu adalah folicle stimulating hormone, luteining hormone, esterogen, dan progesteron.

Ladies, Siklus mentruasi rata-rata membutuhkan waktu sekitar 28 hari dengan melalui beberapa fase. Yaitu fase folikuler, fase ovulasi, dan fase luteal. Melangsir dari webmd.com.

Oleh: M. S. Rizal

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading