Sukses

Beauty

Tahap Menstruasi pada Sistem Reproduksi Wanita (Bagian 1)

Ladies, saat Anda mengalami menstruasi tahukah Anda apa yang terjadi selama siklus menstruasi pada sistem reproduksi wanita?

Melangsir dari webmd.com, pada masa mengalami menstruasi pada seorang wanita berarti wanita tersebut telah siap untuk di buahi. Bila di artikan menstru artinya bulanan. Menstruasi biasanya terjadi setiap 28 hari sekali yang berarti terjadi setiap satu bulan sekali.

Pada saat Anda menstruasi, tahukah Anda saat mengalami menstruasi melalui suatu proses atau tahap?

Ladies, sebelum terjadi menstruasi tubuh Anda tidaklah serta-merta terjadi menstruasi begitu saja. Namun, sebelum terjadinya menstruasi perlu melalui tahap terlebih dahulu. Lalu tahap apakah itu?

Tahap folikel pada siklus menstruasi adalah tahap awal dari siklus menstruasi. Fase ini dimulai pada hari pertama menstruasi. Pada tahap ini diawali dengan dilepasnya dua hormon. Dua hormon tersebut berasal dari otak menuju ovarium, hormon tersebut adalah hormon perangsang folikel (FSH) dan hormon luteinizing (LH).

Kemudian, hormon-hormon tersebut akan merangsang sekitar 15 sampai 20 telur dalam ovarium. Selain merangsang pematangan telur, hormon ini juga memicu peningkatan produksi hormon esterogen pada tubuh Anda.

Ladies, Karena tingkat esterogen yang meningkat membuat produksi hormon perangsang folikel (FSH) akan terhenti terganti oleh hormon esterogen. Keseimbangan hormon inilah yang memungkinkan tubuh untuk membatasi jumlah folikel yang matang.

Saat fase folikuler berlangsung, hanya satu folikel dalam satu ovarium saja yang menjadi dominan dan terus berkembang hingga benar-benar matang. Folikel yang dominan akan menekan semua folikel lain dalam satu kelompok. Akibatnya, yang lain berhenti berkembang dan kemudian mati.

Oleh: M. S. Rizal

 

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading