Sukses

Beauty

Tahap Menstruasi pada Sistem Reproduksi Wanita (Bagian 2)

Pada saat sistem reproduksi wanita mulai masuk pada masa dewasa akan terjadi proses menstruasi. Menstruasi merupakan kejadian yang alami pada setiap wanita yang memasuki umur dewasa. Tapi tahukah Anda mengenai tahap menstruasi tersebut?

Melangsir dari www.webmd.com, ada 3 tahap yang perlu dilalui sebelum terjadi menstruasi. Tahap pertama yaitu folikuler, ovulasi, dan luteal. Tahap pertama adalah folikuler yang kedua adalah ovulasi.

Tahap ovulasi pada siklus menstruasi dimulai sekitara 14 hari setelah fase folikuler dimulai. Fase ovulasi adalah titik tengah siklus menstruasi, yang kemudian dialanjutkan dengan fase selanjutnya dimuai sekitar dua minggu kemudian.

Ada beberapa hal yang terjadi pada fase ovulasi. Saat fase ini terjadi, hormon esterogen menjadi naik. Kenaikan hormon esterogen berasal dari folikel dominan yang juga memicu peningkatan produksi hormon luteinizaing (LH) yang diproduksi oleh otak.

Produksi hormon luteinizing (LH) membuat folikel dominan untuk melapaskan sel telur dari ovarium. Setelah sel telur dilepaskan, sel telur akan ditangkap oleh fimbriae organ yang berfungsi menangkap sel telur yang berasal dari ovarium.

Ladies, setelah tertangkap oleh fimbriae, sel telur akan berpindah ke dalam tuba falopi.

Selama tahap ini, terjadi peningkatan dalam jumlah dan ketebalan lendir yang dihasilkan oleh leher rahim atau serviks. Jika seorang wanita melakukan hubungan intim selama ini, lendir akan membantu dalam menangkap sperma, memelihara, dan membantu pergerakan sel telur saat pembuahan.

Oleh: M. S. Rizal

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading