Sukses

Beauty

Tahap Menstruasi pada Sistem Reproduksi Wanita (Bagian 3)

Ladies, menstruasi adalah proses yang terjadi pada wanita karena aktivitas sistem reproduksi wanita. Aktivitas sistem reproduksi ini biasanya terjadi setiap satu bulan sekali pada wanita. Tapi, tahukah Anda apa yang terjadi sebelum menstruasi, dan bagaiman menstruasi bisa terjadi?

Melangsir dari webmd.com, dalam proses menstruasi terjadi beberapa tahap salah satunya yaitu tahap fase luteal. Fase luteal dari siklus menstruasi yang dimulai tepat setelah proses ovulasi terjadi.

Saat ovulasi sel telur akan dikeluarkan oleh ovarium, kemudian folikel menjadi kosong. Folikel yang kosong akan berkembanag menjadi struktur baru yang biasa disebut dengan korpus luteum.

Korpus luteum mengeluarkan hormon progesteron. Hormon progesteron akan mempersiapkan rahim saat telur telah dibuahi oleh sel sperma.

Ladies, setelah hubungan seksual telah terjadi, kemudian sel sperma akan membuahi sel telur tau terjadi proses fertilisasi. Telur yang telah dibuahi akan melakukan perjalanan menuju rahim melalui tuba fallopi yang kemudian berkembang menjadi embrio. Saat inilah seorang wanita mengalami suatu hal yang disebut dengan hamil.

Namun, jika sel telur tidak dibuahi sel sperma, sel telur akan melewati rahim tanpa mengalami fertilisasi. Karena tidak diperlukan, kemudian dinding rahim akan rusak dan berikutnya akan terbuang dalam bentuk darah.

Ladies, menstruasi adalah hal yang alami pada wanita. Namun, Anda juga harus tetap menjaga kesehatan organ reproduksi Anda agar proses menstruasi menjadi lancar.

Oleh: M. S. Rizal

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading