Sukses

Parenting

Kenali Pencegahan Cacar Air sebagai Obat untuk Cacar

Obat cacar yang paling ampuh untuk mencegah terjadinya cacar air pada anak adalah pemberian vaksin anti virus sejak dini. Pemberian vaksin cacar adalah obat cacar paling efektif yang bisa mencegah penyebaran virus varicella-zoster pada anak. Menurut kidshealth.org, pemvaksinan bisa mengurangi resiko tertularnya cacar air pada anak hingga 99%. Oleh karena itu, Bunda sebaiknya membawa si kecil ke dokter untuk divaksin sebelum cacar air menyerang buah hati.

Dokter merekomendasikan bahwa anak harus diberikan vaksin anti cacar setidaknya dua kali. Pemberian vaksin bisa dilakukan saat si kecil berusia 12 hingga 15 bulan, lalu diberikan kembali dengan dosis yang lebih tinggi pada usia 4 hingga 6 tahun. Lalu, pada anak yang lebih besar yaitu berusia 13 tahun atau lebih yang belum diberikan vaksin harus menerima dosis yang lebih besar sedikitnya selama 28 hari untuk melindunginya dari cacar air.

Jika pemberian vaksin dilakukan dengan benar maka resiko anak terserang penyakit cacar akan jauh berkurang. Ataupun, jika anak yang telah divaksin tetap terserang cacar, proses penyembuhannya akan berlangsung cepat. Namun, Bunda sebaiknya tidak memberikan vaksin jika si kecil sudah terlanjur terserang cacar air dengan syarat bahwa kondisi si kecil cukup sehat untuk menyembuhkan cacar air dengan sendirinya. Setelah membaca artikel ini, penulis harap Bunda menjadi tahu dan tanggap dalam memberikan penanaganan yang tepat terhadap penyakit cacar air ini.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading