Sukses

Beauty

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Cara Membedakan Tanda-Tanda Flu Dan Alergi Musiman

Alergi yang datang musiman dan flu terkadang memiliki gejala yang sama. Hal inilah yang sering membingungkan banyak orang, apalagi jika ini terjadi pada anak-anak. Kedua kondisi ini ditandai dengan bersin, hidung tersumbat dan ingus yang cair. Wah, bagaimana ya cara membedakannya?

Sebetulnya, antara flu dan alergi musiman dapat dibedakan berdasarkan durasi dan frekuensi gejala yang dialami. Dilansir oleh huffingtonpost.com, berikut cara membedakan gejala flu dan alergi yang dapat Anda lakukan:

Perhatikan Masa Kemunculannya

Flu umumnya muncul di musim penghujan dan musim dingin selama beberapa hari karena faktor virus dalam tubuh. Sementara, alergi musiman kambuh pada musim kemarau atau musim panas. Biasanya alergi musiman diakibatkan debu saat musim kemarau atau karena serbuk bunga. Jika gejalanya muncul pada saat-saat tertentu ini, bisa jadi Anda mengalami alergi musiman.

Durasi

Gejala flu umumnya berlangsung dari 3 hingga 14 hari. Tetapi gejala alergi berlangsung selama penderita terpapar pemicu alerginya.

Warna Lendir

Jika warna lendir (ingus) kehijauan atau kekuningan, bisa jadi orang tersebut terkena flu. Alergi umumnya memproduksi ingus yang tidak berwarna. Namun hal ini juga tak dapat dijadikan patokan karena pengidap sinusitis pun mempunyai lendir berwarna kekuningan. Konsultasikan kepada dokter Anda.

Perhatikan Temperatur Tubuh

Umumnya, alergi tidak disertai meningkatnya temperatur tubuh atau rasa nyeri pada otot seperti yang dialami penderita sakit flu.

Jika Anda merasakan beberapa gejala di atas, segera konsultasikan kepada dokter agar dilakukan penanganan yang lebih tepat. Stay healthy, Ladies!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading