Sukses

Beauty

Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Mencegah Timbulnya Jerawat

Tidak ada satu pun dari Anda yang ingin memiliki jerawat. Yup, adanya jerawat hanya mengganggu penampilan di samping susah untuk menyembuhkan. Belum lagi, Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk menyembuhkanya. Akan tetapi, karena faktor tertentu, Anda harus merelakan jerawat tumbuh di wajah mulus Anda.

Seperti yang dijelaskan di MeetDoctor.com, sel kulit yang tidak sempurna itulah yang menyebabkan sel kulit ‘mempertahankan diri’ dengan mengunci kelenjar minyak dan pori-pori juga menahan sebum (minyak alami pada kulit) dan protein dibawah permukaan kulit. Protein dan minyak tersebut menjadi makanan bagi P. acnes, bakteria yang menyebabkan timbulnya jerawat. Adapun faktor pemicu timbulnya jerawat hormon, stress, pola tidur, lingkungan dan bagaimana Anda merawat diri.

Nah Ladies, untuk mencegah timbulnya jerawat, Anda bisa mulai menerapkan pola hidup sehat. Misalnya saja mulai dengan mengatur menu makan Anda. Berikut ini merupakan beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan untuk mencegah timbulnya

jerawat pada tubuh Anda.

Zinc

Beberapa fakta membuktikan bahwa seseorang yang berjerawat memiliki kadar mineral zinc yang rendah. Oleh sebab itu, tak heran jika zinc dapat membantu Anda mencegah pertumbuhan P. acnes. Zinc dapat ditemukan dalam kalkun, kacang almon dan gandum.

Vitamin A

Vitamin banyak terkandung dalam minyak ikan, ikan salmon, wortel, bayam dan brokoli. Vitamin A dapat membantu regenerasi sel kulit. Namun, Anda juga perlu berhati-hati karena mengonsumsi vitamin A berlebih justru akan mengakibatkan vitamin A bertindak sebagai racun, terutama saat masa kehamilan dan menyusui.

Selenium

Selenium bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Anda dapat memilih gandum, ikan tuna, ikan salmon, bawang putih, telur dan beras merah untuk tambahan selenium.

Omega 3

Untuk meredakan peradangan pada kulit. Perbanyak konsumsi ikan salmon, ikan sardin, kenari, biji bunga matahari dan kacang almon.

Susu

Selain untuk menyehatkan tubuh, ternyata susu memberikan banyak manfaat untuk kulit Anda. Salah satunya untuk mencegah timbulnya jerawat. Susu dapat meningkatkan kadar hormon (androgen) yang dapat meningkatkan produksi sebum (minyak alami pada kulit)

Air putih

Tak ketinggalan juga nih, air putih yang merupakan obat dari segala macam penyakit. Sudah tak perlu diragukan lagi jika air putih memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan, selain dapat mencegah dehidrasi dan mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Ternyata racun juga dapat membantu metabolisme dan regenerasi kulit. Disarankan untuk mengkonsumsi 5-8 gelas perhari.

Mencegah timbulnya jerawat lebih mudah daripada mengobati kan Ladies? Makanya, segera mengatur menu makan dan pola hidup sehat Anda sekarang!

 

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading