Sukses

Beauty

Serba-Serbi Jerawat Yang Mengganggu Penampilan Anda

Pada usia yang sudah lewat masa pubertas, jerawat masih bisa muncul dan mengganggu penampilan Anda. Memang sih, jerawat sering kali muncul di masa pubertas. Nah Ladies, tidak ada salahnya lho jika Anda menyimak penyebab jerawat dan cara pencegahannya.

Dijelaskan oleh Dr Hans Utama Sutanto, SpKK, jerawat dipengaruhi berbagai faktor seperti faktor hormonal, stres, iklim, makanan, obat-obatan termasuk vitamin dan keringat yang berlebihan. Tak hanya itu, pemakaian kosmetika yang bersifat komedogenik juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat sehingga Anda perlu berhati-hati dalam pemilihan kosmetik dan jangan sampai merusak wajah Anda.

Tidak hanya kosmetik. Bahkan makanan tertentu juga dapat memicu munculnya jerawat. Makanan yang tinggi lemak dan tinggi gula dapat mempengaruhi produksi kelenjar minyak yang akan mengakibatkan terjadinya sumbatan sebum. Keadaan tersebut bila terinfeksi bakteri Propionibacterium acnes akan mengakibatkan timbulnya jerawat.

Dalam mengobatinya, Anda juga perlu berhati-hati. Jika tidak, jerawat bisa meninggalkan bekas seperti noda hitam dan bahkan bisa menyebabkan bopeng pada wajah. Pengobatan untuk jerawat bisa dengan pengobatan topikal seperti sabun cuci muka, toner, krim dan lainnya. pengobatan obat minum diperlukan untuk jerawat yang lebih parah. Perawatan facial yang benar dan aman dapat membantu.

Selain mengobati, ada hal lain yang sangat penting yakni upaya mencegah terjadinya jerawat.

 

Sumber: MeetDoctor.com

 

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading