Sukses

Beauty

Hilangkan Bau Napas Tak Sedap dengan Mengonsumsi Ini

Ada sebuah fakta yang sangat mengejutkan untuk Anda: mulut kita ini bisa dihuni oleh lebih dari 600 jenis bakteri. Banyak bakteri yang menciptakan gas yang tak sedap karena bakteri tersebut mengonsumsi partikel-partikel makanan kecil yang terselip di sela-sela gigi dan lidah Anda. Dikutip dari eatingwell.com, gas yang berbau tak sedap yang diproduksi oleh bakteri mulut adalah senyawa sulfur. Bawang putih dan bawang bombay adalah jenis makanan yang mengandung banyak senyawa sulfur. Itulah kenapa bau napas kita bisa sangat tidak sedap setelah kita mengonsumsi bawang putih dan bawang bombay.

Agar bisa mengatasi masalah bau napas yang tak sedap, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi makanan atau minuman ini.

Segelas Teh Hijau atau Teh Hitam
Teh hijau dan teh hitam sama-sama mengandung anti oksidan yang bernama polifenol yang dapat merusak perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut. Sebuah penelitian yang dilakukan di Pace University menemukan bahwa ekstrak teh hijau itu efektif untuk mengenyahkan beberapa jenis bakteri dalam mulut. Polifenol juga bisa mengurangi senyawa sulfur yang berbau tak sedap.

Yogurt Probiotik
Yogurt yang mengandung Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus bisa membunuh bakteri dalam mulut yang menjadi penyebab bau mulut tak sedap. Usahakan untuk mengonsumsi yogurt yang bebas gula dan tanpa tambahan pemanis apapun. Karena gula malah akan mempercepat perkembangbiakan bakteri di dalam tubuh khususnya di dalam mulut.

Air Putih
Minum air putih akan mengatasi mulut kering dan membersihkan partikel makanan dan bakteri yang ada di dalam mulut. Manfaat lain dari minum air putih adalah meningkatkan produksi saliva yang berfungsi sebagai agen pembersih.

Apel dan Bayam
Buah apel dan sayuran bayam sama-sama kaya kandungan polifenolnya. Jadi, kedua jenis makanan ini bisa mengatasi senyawa sulfur yang berbau di dalam mulut. Menurut Sheryl Barringer, Ph. D, seorang profesor di bidang teknologi dan ilmu pangan di Ohio State, menjelaskan bahwa makanan yang kaya akan polifenol seperti bayam dan apel akan sangat baik untuk dicampur dengan bawang putih untuk memecah senyawa sulfur yang ada di bawang putih.

Buah Ceri dan Selada
Menurut seorang ahli gizi bernama David Grotto yang juga penulis buku "The Best Things You Can Eat", buah ceri dan selada juga bisa menghilangkan bau napas tak sedap. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa buah ceri dan selada bisa menghilangkan bau methyl mercaptan yang merupakan gas berbau lain yang dikeluarkan oleh bakteri mulut ketika bakteri tersebut mencerna makanannya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading