Sukses

Parenting

Obat Untuk Pilek: Petroleum Jelly Untuk Iritasi Pada Hidung

Iritasi pada hidung seringkali terjadi saat anak sedang pilek. Masalahnya, iritasi ini juga sering menimbulkan rasa sakit atau perih pada kulit di sekitar hidung. Untuk membantu mengurangi rasa perih pada kulit hidung ini, selain menggunakan obat untuk pilek, Bunda bisa memanfaatkan Petroleum Jelly yang bisa melembabkan permukaan kulit yang kering akibat iritasi sehingga rasa perih akan berkurang.

Iritasi pada kulit hidung, kebanyakan pada bagian bawah, memang sering terjadi akibat seringnya kulit hidung tergosok tissue saat menghilangkan ingus pada hidung. Meskipun tissue ataupun sapu tangan yang digunakan pada si kecil sudah berbahan lembut, kadang saat mengusap ingus, bisa saja Bunda tanpa sadar menekan terlalu kuat sehingga memicu iritasi setelah beberapa kali usapan.

Biasanya, munculnya iritasi ditunjukkan dengan kulit hidung bagian bawah yang memerah, kering, dan terlihat seperti pecah-pecah. Jika ini terjadi, menurut laman about.com, Petroleum Jelly bisa digunakan untuk membantu mengatasi gangguan kulit tersebut.

Bunda bisa memberikan Petroleum Jelly, biasanya berbentuk seperti salep, pada hidung si kecil jika kulitnya mulai memerah dan terasa perih. Bunda bisa mengoleskan obat ini sesering mungkin atau saat kulit terlihat mulai kering.

Selain Petroleum Jelly, Bunda juga bisa mengoleskan alternatif salep atau minyak pelembab lainnya yang aman bagi si kecil. Baby oil, misalnya, juga bisa menjadi pilihan untuk mengurangi rasa perih akibat iritasi pada hidung si kecil saat pilek.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading