Sukses

Parenting

Kontrol Perkembangan dan Pertumbuhan Anak di Rumah Sakit Hermina (2)

Bunda, pada artikel 1 Anda mendapatkan beberapa tahapan perkembangan pada anak Anda mulai usia 1 hari hingga 4 bulan. Akan sangat baik juga jika sudah dipraktekkan pada anak Anda atau anak kerabat. Dan Bunda, jika Anda mendapati bahwa, contohnya hingga usia 2 bulan, matanya masih belum responsif bergerak, sekalipun pada sumber cahaya, segera bawa ke rumah sakit Hermina.

Sebagaimana telah disalir dari laman ibudanbalita.com, berikut adalah tahapan perkembangan anak mulai usia 4 bulan. Perhatikan baik-baik ya, Bun.

Usia 4-6 bulan: pada usia ini, anak Anda sudah mampu bergerak mengguling dari sana ke mari, dari posisi tengkurap ke telentang, dan sebaliknya. Jika pada usia sebelumnya ia baru bisa menggenggam benda yang disodorkan padanya, kini ia sudah bisa meraih sendiri hingga menemukan benda yang dipindahkan dari posisi semula. Kini ia juga responsif terhadap suara.

Usia 6-9 bulan: setelah puas tengkurap dan telentang, kini ia akan belajar duduk sendiri, tanpa diarahkan. Ia sudah bisa mengambil benda dari satu tangan ke yang lainnya tanpa kesulitan, termasuk kue dan memakannya tanpa bantuan. Responnya kini tidak hanya ditampakkan dari gerakan kepala atau pandangan mata, ia sudah bisa tertawa atau berteriak girang saat melihat benda yang menarik baginya hingga menirukan suara tertentu.

Pastikan Anda mengontrolnya selalu ya, Bunda. Jika ada kejanggalan, Klinik Tumbuh Kembang di rumah sakit Hermina dapat membantu, sebagaimana dilangsir laman resminya herminahospitalgroup.com. Dapatkan info selanjutnya di artikel 3.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading