Sukses

Parenting

Kontrol Perkembangan dan Pertumbuhan Anak di Rumah Sakit Hermina (3)

Bunda, dengan membaca artikel 1 dan 2, Anda kini bisa semakin percaya diri bahwa Anda dapat mengontrol sendiri perkembangan dan pertumbuhan anak. Namun, tidak menutup kemungkinan jika ternyata anak Anda terlahir dengan perkembangan yang cukup berbeda, baik terkesan lambat atau cepat, sehingga jika Anda bingung, masih bisadikonsultasikan di rumah sakit Hermina.

Bunda, sebagaimana telah dilangsir pada laman resmi rumah sakit Hermina, herminahospitalgroup.com, berbagai bentuk gangguan yang mengakibatkan terlambatnya perkembangan anak, seperti terlambat berbicara atau berjalan, bisa diberikan terapi. Selanjutnya, terdapat pula beberapa tahapan perkembangan anak mulai usia 9 bulan, seperti yang dilangsir oleh laman ibudanbalita.com berikut.

Usia 9-12 bulan: setelah berhasil duduk, ia akan mulai merangkak tanpa diajari hingga lama-kelamaan ia akan mulai berjalan dengan bimbingan atau pegangan. Selanjutnya, anak Anda sudah bisa meraup makanan atau benda kecil lebih dari satu dalam sekali raup, seperti kacang atau manik. Saat ini juga anak Anda sudah bisa menyebut kata dengan suku kata yang sama, mulailah ajari dengan ‘mama’.

Usia 12-18 bulan: memasuki satu tahun pertama, ia sudah bisa mulai berjalan sendiri serta melakukan gerakan kaki lainnya seperti menendang bola atau melemparnya dengan kedua tangan. Kemampuannya dalam memungut benda dengan jarinya sudah lebih baik, ditambah dengan mengatakan hal yang sederhana yang menunjukkan keinginan. Ia juga dapat minum sendiri serta bertepuk tangan.

Usia 18-24 bulan: keseimbangannya tampak dengan melompat dengan dua kaki, serta mampu berjalan mundur, setidaknya 5 langkah. Ia mampu mencoret-coret dengan alat tulis serta digunakan untuk meniru pekerjaan rumah, misalnya mengelap meja. Ia sudah mengenali bagian tubuh dan menyebutkan namanya dengan baik.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading