Sukses

Parenting

Mengobati Anak Pilek Berdasar Usia (Bagian 15)

Ladies, beberapa anak pilek tidak kesusahan bila diminta membersihkan ingus di dalam rongga hidungnya dengan menghembuskan nafas kuat-kuat. Namun beberapa anak perlu bantuan Anda secara mendetail untuk melakukannya.

Bila si kecil tidak dapat melakukannya sekaligus, coba ajarkan anak Anda untuk menutup salah satu lubang hidungnya dan meniup perlahan samil menadahkan selembar tisu di bawah lubang hidung yang tidak ditutup.

Bila perlu, berikan dia tisu khusus anak yang disenanginya saat berlatih maupun menggunakannya. Jangan meniup terlalu kencang karena dapat melukai telinga si kecil. Setelah itu, ajarkan juga mengenai kebersihan.

Setelah selesai membuang ingus atau lendir di dalam rongga hidung pada permukaan tisu, ajarkan dia untuk melipatnya dengan baik lalu membuangnya ke tempat sampah. Jangan lupa juga ajarkan mencuci tangan dengan sabun setiap kali setelah melakukan aktivitas ini.

Kemudian, cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah berkumur dengan air garam. Namun, cara ini hanya dapat Anda lakukan pada anak usia di atas 4 tahun. Memberikan cairan bisa diterjemahkan perintah untuk diminum bagi anak yang belum bisa berkomunikasi dengan baik.

Bagaimana cara ini bisa membantu? Menurut laman babycenter.com, berkumur dengan air garam dapat membantu menenangkan sakit tenggorokan bila dilakukan dengan teratur. Cara ini juga bisa membantu membersihkan tenggorokan.

Bagaimana deskripsi selengkapnya? Simak ulasannya pada artikel berikutnya. Stay tuned, Bunda!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading