Sukses

Beauty

Aneka Bumbu Dapur Yang Dapat Meringankan Rasa Sakit

Anda tak harus selalu mengonsumsi obat-obatan kimia setiap ingin meredakan rasa sakit atau nyeri. Misalnya saja saat sakit kepala, sakit gigi atau nyeri haid, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa obat-obatan alami.

Alam menyediakan obat-obatan alami bahkan di dapur Anda. Bila Anda merasakan sakit atau nyeri, cari obat-obatan ini dan redakan nyeri yang mengganggu.

Dilansir BoldSky.com, inilah beberapa obat alami pereda sakit dan nyeri yang aman dikonsumsi.

Cengkeh untuk sakit gigi

Saat sakit gigi menyerang, kunyahlah cengkeh yang perlahan akan meringankan rasa nyerinya. Cengkeh sendiri sebenarnya berfungsi mencegah peradangan dan zat kimia alami di dalamnya yang disebut euganol akan berperan sebagai anestesti.

Jahe untuk meredakan nyeri otot

Jahe tidak hanya memberikan rasa hangat pada tubuh, tetapi bila dihaluskan dan diaplikasikan pada bagian yang bengkak atau keseleo akan membantu meredakan nyeri otot. Zat aktif di dalam jahe yang disebut gingerols adalah yang berfungsi efektif meredakan nyeri. Perawatan tradisional yang ampuh ini hingga sekarang masih dipraktekkan karena hasilnya yang memuaskan.

Lain kali apabila Anda mengalami nyeri otot, segera haluskan jahe dan massage lembut di bagian yang cedera.

Nyeri pada telinga

Bakteri bisa saja mengganggu area telinga dan menyebabkan peradangan. Anda bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengatasi nyeri tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan minyak yang terbuat dari bawang dan diteteskan ke dalamnya.

Kandungan germanium, selenium dan sulfur di dalam bawang dapat mengatasi bakteri jahat dan mengurangi peradangan.

Garam untuk sakit tenggorokan

Sakit dan radang tenggorokan dapat menyebabkan nyeri dan tidak nyaman. Cara efektif yang disarankan oleh medis adalah berkumur dengan air garam. Garam dapat mengurangi peradangan dan mencegah infeksi lebih parah.

Oatmeal untuk nyeri haid

Siapa sangka oatmeal bisa meredakan nyeri haid. Kandungan magnesium di dalamnya sangat penting untuk meredakan nyeri sepanjang tamu bulanan datang.

Nanas untuk mengatasi problem pencernaan

Ketika problem pencernaan datang, yang harus Anda lakukan adalah mengonsumsi buah nanas. Nanas secara efektif dapat memperlancar pencernaan dan mengatasi gangguan bakteri di dalam perut.

Minyak kayu putih untuk sakit kepala

Sakit kepala dapat dikontrol dengan minyak kayu putih. Anda bisa menggosokkan di area bahu dan tengkuk atau juga meminumnya.

Bumbu dapur di atas hanya dapat membantu keluhan nyeri atau sakit ringan. Bila sakit berlanjut atau gejalanya semakin parah, maka sebaiknya Anda tidak menunda terlalu lama untuk berkonsultasi dengan dokter.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading