Sukses

Beauty

Penyakit Kelamin Wanita : Kanker Vagina (Part 4)

Menjaga gaya hidup sehat dengan tetap berolahraga teratur dan mengatur pola makan yang baik bisa menghindarkan diri terkena segala penyakit termasuk penyakit kelamin wanita Ladies, salah satunya adalah kanker vagina.

Syukurnya, tidak semua wanita bisa mengidap penyakit ini. Ada pun beberapa wanita yang berisiko tinggi, memiliki beberapa faktor pendukung hingga mungkin mengembangkan sel kanker pada daerah kewanitaan mereka.

Seperti juga pernyataan pendukung dari www.webmd.com, seorang wanita lebih berisiko terserang kanker vagina jika ia terpapar obat diethylstilbestrol atau DES saat sedang berada di kandungan ibunya. Ini adalah obat yang kadang diresepkan oleh dokter kepada ibu hamil di masa lalu untuk mencegah terjadinya keguguran.

Untungnya, obat bernama DES tersebut hanya digunakan antara tahun 1945-1970 dan sudah tidak banyak digunakan lagi oleh dokter sekarang. Dilangsir dari www.cancerresearchuk.org, anak perempuan dengan ibu yang mengonsumsi obat diethylstilbestrol, memiliki resiko terkena jenis kanker vagina disebut sel murni adenokarsinoma.

Sel murni adenokarsinoma adalah jenis kanker yang sangat jarang dan hanya sekitar 2 dari 1.000 wanita dengan ibu yang mengonsumsi DES akan mengembangkan sel kanker vagina atau serviks. Lagipula, DES sudah tidak digunakan lagi selama lebih dari 35 tahun sampai sekarang Ladies, sehingga hal ini menjadi kurang penting sebagai faktor risiko.

Nah, itu dia faktor yang memungkinkan wnaita terkena kanker vagina. Meskipun memang kanker ini sangat jarang terjadi, menjaga gaya hidup sehat tetap menjadi hal yang penting ya Ladies.

Oleh : Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading