Sukses

Beauty

Membatasi Makan Makanan Asin Ternyata Bisa Bikin Perut Ramping

Mengurangi asupan makanan asin ternyata bisa membantu Anda mewujudkan impian memiliki perut ramping. Demikian yang dikatakan Robynne Chutkan, seorang ahli pencernaan dan pendiri Digestive Center of Women di Washington DC.

Menurut Robynne, pencernaan wanita dan pria memang berbeda. Umumnya pria memiliki usus yang lebih panjang sehingga membuat mereka lebih leluasa makan dalam porsi banyak tanpa khawatir akan gemuk. Sedangkan wanita punya usus yang lebih pendek, sehingga ketika makan dalam porsi yang sama seperti pria, perut lebih mudah buncit.

Dilansir IndiaTimes.com, Robynne kemudian menyimpulkan bahwa wanita hendaknya bisa membatasi aneka makanan asin dan kaya kandungan garam agar bisa membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam akan berkontribusi pada edema, kembung, serta keinginan untuk makan lebih banyak. Disarankan asupan garam per hari dibatasi sekitar 1.500 mg saja.

Ini berarti, Anda juga diharapkan lebih banyak mengonsumsi makanan kaya serat dari sayuran dan buah-buahan, menghindari makanan siap saji yang sarat garam, serta aneka snack atau keripik yang gurih.

Agar perut lebih ramping dan rata seperti model atau bintang film, yang perlu Anda lakukan adalah membatasi asupan makanan asin dan mengubah gaya hidup Anda. Yeap, benar. Tidak perlu terbeban dengan diet ketat yang justru mudah membuat berat badan naik turun.

Tips mendapatkan perut ramping dan rata

Makanan kaya serat

Kombinasi makanan serat larut dan tidak larut adalah cara yang efektif membantu badan tetap bugar dan menyeimbangkan berat badan. Makanan yang disarankan adalah jenis buah-buahan dan sayuran.

Makanan kaya kalium

Sodium yang terkandung dalam garam atau makanan asin dapat membuat tubuh menahan air, inilah penyebab bagian tubuh tampak gemuk. Untuk itu, sebagai penyeimbang Anda bisa mengonsumsi kalium yang membantu menyingkirkan kelebihan air di dalam tubuh.

Kalium terkandung dalam beberapa makanan seperti pisang atau ubi jalar.

Menjaga asupan air

Pastikan Anda selalu minum cukup air agar dapat memastikan serat melakukan tugasnya dengan baik di dalam pencernaan. Minum cukup air akan membuat sodium di dalam tubuh yang berlebihan bisa dikeluarkan.

Hindari stres pencernaan

Jauhilah makanan yang terlalu sulit dicerna seperti makanan terlalu manis dan berlemak. Fokus pada makanan sederhana yang mudah dicerna seperti aneka makanan yang diolah dengan teknik kukus atau rebus.

Hindari pemanis buatan

Pemanis buatan yang mudah ditemukan dalam minuman ringan, soda diet, makanan rendah karbohidrat dan makanan bebas gula sebenarnya tak dengan mudah dicerna oleh tubuh. Bakteri dalam usus besarlah yang cenderung memfermentasi mereka sehingga menyebabkan gas dan kembung di dalam perut, akibatnya perut jadi buncit.

Ubah lifestyle Anda dan mulailah hidup sehat dari sekarang agar berat badan dan kesehatan tetap terjaga.


 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading