Sukses

Beauty

Sehat Mana Sih Jus Buah Apa Buah Segar Ya?

Kadang penasaran ya, sehat mana sih makan buah segar atau minum jus buah?

Terbuat dari bahan buah segar, seharusnya jus buah juga kaya akan manfaat dan nutrisi. Tetapi mengapa tidak banyak orang yang menganggap bahwa jus buah ini sehat ya?

Dilansir fitnea.com, ada beberapa hal yang perlu dicermati soal buah ini.

Manfaat kulit buah

Sebagian buah dikupas kulitnya kemudian baru dimakan. Tidak salah, tetapi untuk beberapa jenis buah yang kulitnya bisa dimakan, mengapa harus dikupas?

Dalam penelitian sebenarnya dibuktikan bahwa nutrisi dalam kulit buah sangat kaya, di antaranya flavonoid, karotenoid, dan lain sebagainya. Kulit buah juga memberikan perlindungan yang maksimal terhadap sinar UV, sehingga ia juga membantu menurunkan resiko kanker.

Manfaat ampas buah

Minum jus buah terkadang harus disaring dulu agar ampas tidak membuat tersedak. Padahal, ampas itu juga bagian serat-serat yang kaya akan vitamin. Inilah mengapa banyak orang berpikir bahwa makan buah segar jauh lebih sehat ketimbang minum jusnya.

Jika ampasnya dibuang, maka sekian banyak nutrisi juga ikut terbuang.

Mengurangi kandungan serat

Dari ampas buah yang dibuang tadi, kandungan seratnya cukup tinggi. Bila dibuang tentu saja jumlah serat berkurang.

Karena alasan ini pula, pencernaan jauh lebih lancar ketika Anda makan buah segar, bukan minum jus buah.

Dari beberapa fakta di atas jelas menunjukkan makan buah segar lebih sehat ketimbang jus buah. Namun, bagaimanapun jus buah juga sama-sama sehat dan layak dikonsumsi ketimbang minuman ringan atau minuman lainnya.

Saat minum jus buah, biarkan rasa manis buah alami atau tambahkan madu saja, kurangi asupan gula agar kulit dan tubuh tetap sehat.

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading