Sukses

Parenting

Cara KB dengan Pil yang Berbasis Hormonal

Ladies, cara kerja pil yang biasanya diminum oleh ibu yang ingin menunda kehamilan dinamakan pil KB. Pil merupakan salah satu cara KB yang banyak dipilih oleh ibu karena cukup efektif dalam mencegah kehamilan. Nah, ternyata pil KB bekerja dengan mengandalkan cara kerja hormonal.

Ladies, pil KB mencgah kehamilan dengan melepaskan hormon buatan estrogen dan progestin (beberapa pil hanya memiliki progestin saja). Pil KB yang bekerja dengan hormon sangat efektif jika diminum dengan teratur. Ia akan dengan optimal mencegah kehamilan, seperti langsiran laman webmd.com.

Yang terjadi dalam tubuh wanita yang mengonsumsi pil KB adalah akan dicegahnya pelepasan telur sehingga tidak ada yang bisa dibuahi oleh sperma. Selain itu, hormon tersebut biasanya akan mengambil alih kerja hormon-hormon alami di dalam tubuh wanita agar tidak ada pembuahan.

Kalaupun telur sudah berhasil dibuahi, pil KB berkemampuan untuk membuat ruangan atau rahim yang akan menjadi tempat tinggal telur menjadi tidak nyaman sehingga akan mati. Untuk itu, tidak ayal jika pil KB menjadi sangat efektif untuk membantu mencegah atau menunda kehamilan.

Nah Ladies, kini bisa Anda simpulkan bahwa pil KB yang berbasis hormon ternyata membawa hormon buatan dari luar, bukan memanfaatkan hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Selain itu, seakan menentang arah aliran sungai, hormon tersebut bekerja melawan bagaimana alaminya tubuh bereaksi ketika sedang berhubungan seksual.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading