Sukses

Parenting

IUD, Cara KB Unik (2)

Moms, ketika Anda membaca artikel 1, Anda telah mampu menyimpulkan bahwa cara KB yang satu ini cukup eksklusif sebab tidak terdapat di toko atau apotek. Selain itu, dibutuhkan juga keadaan wanita yang cukup sehat seperti tidak sedang menjalani periode menstruasi yang berat.

Nah Moms, kini Anda akan diajak untuk membahas hal lain, yakni untuk mengetahui cara kerja IUD dalam mencegah kehamilan. Anda bisa jadi sedang penasaran bagaimana benda yang kecil bisa mencegah kehamilan.

Seperti yang dilangsir laman netdoctor.co.uk, ada tiga tahapan kerja utama yang bisa dilakukan si IUD. Pertama, dengan kehadirannya di dalam rahim, ia mampu menghalang-halangi sperma yang masuk untuk terus masuk ke dalam rahim. Tidak ada batasan tertentu untuk berapa lama digunakan untuk menghalangi sperma, IUD masih dinilai cukup efektif.

Kedua, ia akan mengubah lendir dari serviks Anda sebagai penyerang bagi sperma. Lendir akan berubah menjadi rintangan bagi sperma. Selain itu, ia akan pula mempengaruhi lapisan atau dinding rahim dan membuatnya seolah-olah tidak menerima telur, sehingga tidak akan ada yang bisa dibuahi.

Yang perlu diingat juga adalah IUD akan mencegah kehamilan di rahim. Sedangkan ketiga masih di pipa menuju ke rahim, IUD tidak bisa melindungi karena letaknya yang bukan di situ. Untuk mendapatkan penjelasan lebih dalam lagi dan tentang apakah Anda bisa dipasangkan IUD, segera konsultasikan dengan dokter ya, Moms.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading